kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Aceh segera dikonversi jadi bank syariah


Sabtu, 06 Agustus 2016 / 14:53 WIB
Bank Aceh segera dikonversi jadi bank syariah


Sumber: Antara | Editor: Dupla Kartini

BANDA ACEH. Direktur Utama PT Bank Aceh, Busra Abdullah mengatakan, bank yang dipimpinnya sudah mengantongi izin prinsip perbankan syariah dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Kami sudah mengantongi izin prinsip. Nantinya, setelah mendapat izin operasional, maka Bank Aceh akan dikonversi jadi Bank Aceh Syariah," kata Direktur Utama PT Bank Aceh Busra Abdullah di Banda Aceh, Sabtu (6/8).

Kendati sudah mengantongi izin prinsip, kata Busra, namun operasional Bank Aceh masih konvensional. Bank Aceh saat ini menyiapkan izin operasi untuk konversi dari konvensional ke syariah. OJK memberi waktu kepada Bank Aceh untuk mengurus izin operasionalnya.

Selain mengurus izin operasional syariah, manajemen Bank Aceh juga mempersiapkan sumber daya guna mendukung operasional setelah dikonversi dari konvensional ke sistem syariah.

"Begitu juga hubungan dengan Bank Indonesia dan perbankan lainnya, harus disesuaikan dengan sistem syariah. Hubungan selama ini kan konvensional," tutur Busra.

Lanjutnya, jika nanti Bank Aceh dikonversi dari sistem konvensional ke sistem syariah, maka akan menjadi bank pertama di Indonesia yang diubah sistem operasionalnya.

"Konvensi ini juga untuk menyesuaikan operasional Bank Aceh dengan penerapan syariat Islam. Sedangkan dari sisi bisnisnya, konversi ke perbankan syariah ini juga menguntungkan," kata Busra Abdullah.

Sementara itu, Komisaris Utama Bank Aceh Dermawan menegaskan, pihaknya berkomitmen mengawasi agar operasional Bank Aceh berjalan dengan prinsip-prinsip yang telah ditetapkan.

"Jika nantinya Bank Aceh dikonversi dari sistem konvensional ke syariah, maka operasionalnya diharapkan berjalan seperti apa yang telah ditetapkan. Kami akan terus mengawasi operasionalnya," kata Dermawan. (M Haris SA)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×