kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Bank Asing Makin Gencar Menambah Kantor Cabang


Senin, 07 Juni 2010 / 10:44 WIB
Bank Asing Makin Gencar Menambah Kantor Cabang

Reporter: Andri Indradie | Editor: Test Test

JAKARTA. Potensi industri perbankan nasional memang menjanjikan. Tak heran, beberapa bank asing berniat menggeber bisnisnya lewat ekspansi jaringan. Salah satunya, Standard Chartered Bank (Stanchart) yang akan menambah jaringan kantor dari 13 menjadi 25 kantor akhir tahun ini. Satu kantor baru akan dibuka di Surabaya.

Tom Aaker, CEO Stanchart Indonesia mengatakan, penambahan jaringan adalah bagian strategi untuk meningkatkan layanan dan membesarkan divisi consumer banking. Untuk mendukung jaringan tersebut, Stanchart akan menambah 500 karyawan baru yang terdiri dari 400 karyawan consumer banking dan 100 karyawan wholesale banking.

"Divisi consumer banking melakukan perombakan besar 18 bulan lalu. Sekarang kami lebih fokus memberi layanan sesuai kebutuhan nasabah," katanya, Jumat (4/6).

Citibank N.A. juga berniat menambah cabang baru sebanyak 25-30 kantor. Tujuannya mendukung bisnis usaha kecil dan menengah (UKM). Apalagi, kata Country Officer Citibank N.A. Indonesia Shariq Mukhtar, jumlah pengusaha UKM Indonesia akan meningkat dari 42 juta orang menjadi 47 juta orang tahn ini. "Kredit UKM bisa tumbuh 20%-25% tahun ini," katanya.

HSBC Indonesia punya ambisi serupa. Cuma, fokus mereka lebih ke usaha mikro dengan kebutuhan internasional. "Kekuatan HSBC di jaringan internasional," jelas VP Business Banking HSBC Winarti. Saat ini HSBC punya 115 kantor, tersebar di 10 kota di Indonesia.

Demikian pula dengan State Bank of India (SBI) Indonesia yang berencana menambah enam kantor cabang tahun ini. "Dalam waktu dekat kami akan menambah dua kantor di Semarang atau Solo dan Purwakarta. Masih dalam pengkajian," kata Sathyamurthy Subramanian, Direktur TI dan Operasional Bank SBI Indonesia.

Ironisnya, perbankan nasional masih sulit membuka kantor di luar negeri. Misal PT Bank Mandiri Tbk yang berencana membuka cabang di Malaysia. "Untuk membuka kantor cabang di luar negeri memang prosesnya tidak mudah," kata Thomas Arifin, Direktur Bank Mandiri baru-baru ini.





Close [X]
×