kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank BJB jalin kerja sama dengan Bank Mantap


Rabu, 23 September 2020 / 23:02 WIB
Bank BJB jalin kerja sama dengan Bank Mantap
ILUSTRASI. JAKARTA,07/06-BJB SIAPKAN DANA 14,4 TRILIUN. Petugas Teller menghitung uang di Kantor cabang Bank BJB, Jakarta, Kamis (07/06). Untuk mengantisipasi kebutuhan dana masyarakat di bulan Ramadhan dan jelang hari raya Idul Fitri, Bank BJB menyiapkan dana likui


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penetrasi usaha pembiayaan perbankan untuk mendorong laju perekonomian semakin gencar dilakukan bank BJB. Salah satu langkah tersebut tercermin melalui kerja sama penyaluran Kredit Term Loan Facility senilai Rp500 miliar dengan jangka waktu 18 bulan antara Bank BJB dengan Bank Mantap.

Perjanjian kredit ini ditandatangani oleh Pemimpin Divisi International Banking BJB Chairany Rahmatiah dan Chief Finance Officer (CFO) Bank Mantap Fajar Ari Setiawan.

Baca Juga: Bank BJB gelar RUPSLB, ini hasilnya

Pemimpin Divisi Corporate Secretary Bank BJB Widi Hartoto mengatakan penyaluran pembiayaan ini merupakan bentuk langkah proaktif bank bjb dalam memperkuat jalinan sinergi dan kolaborasi untuk kepentingan bersama.

Fasilitas kredit ini akan mendorong Bank Mantap dalam melakukan ekspansi usaha yang pada gilirannya juga akan mendorong pergerakan ekonomi secara lebih luas.

"Kerja sama pembiayaan antar institusi ini merupakan yang kesekian kalinya dilakukan oleh Bank BJB sepanjang tahun 2020. Sebelumnya, penyaluran pembiayaan untuk penguatan lembaga usaha juga sudah dilakukan di berbagai sektor produktif," kata Widi dalam keterangan resminya, Rabu (23/9).

Bank BJB juga akan terus berperan aktif di industri perbankan dengan membuka peluang kerja sama pemberian Term Loan Facility bagi perbankan lainnya.

Sementara CFO Bank Mantap Fajar Ari Setiawan menambahkan, dana segar dari Term Loan Facility ini akan digunakan oleh Bank Mantap sebagai instrumen untuk ekspansi bisnis terutama penyaluran kredit di sektor UMKM dan pensiunan ASN dan TNI/Polri.

Penyaluran kredit Bank Mantap pada posisi akhir Agustus 2020 mencapai Rp 23,70 triliun atau tumbuh 26,8% secara tahunan.

Perseroan berharap kerja sama dengan BJB itu mampu menumbuhkan kembali gairah ekonomi sehingga dampak yang optimal, serta dapat dirasakan seluruh lapisan masyarakat.

Baca Juga: Di tengah pandemi, Bank BJB masih mampu catatkan kinerja positif

“Pada akhir Agustus 2020 posisi Loan to Funding Ratio (LFR) Bank Mantap dengan posisi 90,19%, diharapkan dengan kerja sama Term Loan Facility dengan pihak Bank BJB dapat menekan rasio LFR dengan proyeksi akhir tahun 2020 di angka 90%,” ujar Fajar.

Fajar menjelaskan, selain melalui Term Loan Facility,  Bank BJB dan Bank Mantap sudah menjalin kerja sama yang cukup baik di bidang treasury melalui produk money market, fixed income, dan lain-lain.

Kerja sama ini diyakini tak hanya memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, namun diharapkan berperan dalam mendorong laju perekonomian nasional yang menurun akibat pandemi Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×