kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45917,00   -18,51   -1.98%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Bjb Salurkan Kredit kepada Pabrik Gula Rajawali I Senilai Rp 300 Miliar


Minggu, 24 Juli 2022 / 13:09 WIB
Bank Bjb Salurkan Kredit kepada Pabrik Gula Rajawali I Senilai Rp 300 Miliar
ILUSTRASI. Gedung kantor pusat Bank BJB di Bandung.


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Bjb menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 300 miliar kepada PT Pabrik Gula Rajawali I, anak perusahaan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau Holding Pangan ID FOOD.

Penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut dilakukan di Hotel Tugu Kota Malang, pada Jumat, 15 Juli 2022 yang diwakili oleh Pemimpin Bank Bjb Kantor Cabang Surabaya Heru Baharudin dan Direktur Utama Pabrik Gula Rajawali I Daniyanto.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary Bank Bjb, Widi Hartoto mengatakan Bank Bjb merupakan mitra strategis pemerintah yang selalu siap mendukung BUMN maupun anak perusahaannya agar bisa tumbuh dan berkembang bersama melalui fasilitas Kredit modal kerja.

"Pembiayaan kredit modal kerja dari Bank Bjb kepada PT Pabrik Gula Rajawali I dilakukan dengan skema resi gudang untuk komoditas gula kristal putih dengan plafon kredit sebesar Rp 300 miliar," kata Widi, dalam keterangan resmi, Jumat (22/7). 

Baca Juga: Ini BPD dengan Laba Terbesar di Indonesia

Kebutuhan modal kerja pabrik gula meningkat cukup signifikan seiring dengan telah dimulainya periode giling tebu pada pertengahan 2022. Hal tersebut menjadi potensi dan peluang bagi perbankan untuk menyalurkan pembiayaan.

Oleh karena itu, kata dia, Bank Bjb sebagai lembaga perbankan yang memiliki komitmen kuat dalam berpartisipasi menggerakkan roda perekonomian nasional, berhasil memanfaatkan potensi tersebut.

"Skema Fasilitas Resi Gudang yang diberikan Bank Bjb kepada Pabrik Gula Rajawali I merupakan skema pembiayaan resi gudang pertama bagi Divisi Korporasi Bank Bjb," lanjutnya. 

Pihaknya berharap pemberian fasilitas kredit tersebut dapat mendorong produksi gula dalam negeri dan mampu menyerap hasil panen tebu pada periode giling 2022, di mana sebagian besar bahan baku tebu PG R1 berasal dari petani lokal.

Baca Juga: Gandeng Fintech, Sejumlah Bank Genjot Penyaluran Kredit Secara Digital

Dengan adanya fasilitas KMK Resi Gudang ini, hasil panen petani diharapkan akan terserap dengan harga yang optimal, sehingga dapat mensejahterakan para petani tebu lokal.

"Bank Bjb selalu hadir dan senantiasa mendukung BUMN demi menggerakkan roda ekonomi nasional sebagai tanda mata untuk negeri," tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×