kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank DKI catatkan pertumbuhan kredit setinggi 24,2% di kuartal I 2019


Senin, 29 April 2019 / 17:34 WIB
Bank DKI catatkan pertumbuhan kredit setinggi 24,2% di kuartal I 2019


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Pembangunan Daerah DKI Jakarta (Bank DKI) berhasil mencatatkan kinerja positif sepanjang triwulan pertama 2019. Penyaluran kredit dan pembiayaan bank BUMD ini mengalami pertumbuhan sebesar 24% secara year on year (yoy).

Direktur Keuangan Bank DKI, Sigit Prastowo mengatakan, perseroan berhasil menyalurkan kredit dan pembiayaan sebesar Rp 31,6 triliun di kuartal I 2019. Sedangkan di periode yang sama tahun sebelumnya, Bank DKI hanya menyalurkan sebesar Rp 25,4 triliun.

Pertumbuhan tersebut terutama didominasi oleh pertumbuhan kredit UMKM khususnya pada sektor Mikro yang tumbuh sebesar 38,4% dari Rp 575 miliar Per Maret 2018 menjadi Rp796 miliar per Maret 2019. Adapun kinerja Unit Usaha Syariah (UUS) Bank DKI juga mengalami pertumbuhan sebesar 39,7% dari Rp3,8 triliun per Maret 2018 menjadi Rp5,3 triliun per Maret 2019.

"Pertumbuhan kredit UMKM tersebut merupakan hasil dari berbagai aktivitas promosi yang dilakukan secara gencar oleh Bank DKI, antara lain melalui Program Serbu Pasar, program 'One Day Approval' serta beberapa program promosi lainnya," kata Sigit dalam keterangan resminya, Senin (29/4).

Hingga saat ini, Sigit bilang, sejumlah produk UMKM Bank DKI yang diminati oleh para pelaku UMKM di DKI Jakarta adalah kredit monas 25, 100 dan 500 yang merupakan bagian dari fasilitas permodalan bagi usaha mikro.

Bank DKI juga bersinergi dengan Pemprov DKI Jakarta pada Program Kewirausahaan Terpadu. Bagi yang baru merintis usahanya, Bank DKI menyediakan produk Monas Pemula yang merupakan fasilitas permodalan untuk modal usaha maupun investasi dengan plafon sampai dengan Rp10 juta dengan bunga yang kompetitif.

Sigit menambahkan, pertumbuhan penyaluran kredit juga dibarengi dengan perbaikan kualitas kredit. Rasio kredit bermasalah mengalami perbaikan dibandingkan dengan periode sebelumnya yang ditandakan dengan rasio NPL Gross yang tercatat 4,08% per Maret 2018 menjadi 3,00% per Maret 2019.

Membaiknya rasio NPL tersebut didorong berkat sejumlah upaya perbaikan kualitas kredit diantaranya penagihan kredit secara intensif, pengambilalihan agunan, lelang agunan kredit, restrukturisasi kredit, dan hapus buku.

Adapun Dana Pihak Ketiga (DPK) Bank DKI per Maret 2019 tercatat sebesar Rp 32,5 triliun. Secara komposisi struktur DPK yang dimiliki Bank DKI terdiri dari Giro sebesar Rp7,4 triliun, Tabungan sebesar 7,6 triliun dan Deposito sebesar Rp17,5 triliun.

Berbagai pencapaian kinerja bisnis tersebut telah mendorong realisasi pencapaian laba bersih Bank DKI per Maret 2019 yang tercatat sebesar Rp 181,2 miliar atau tumbuh 8,2% dari periode yang sama tahun lalu dengan aset tercatat sebesar Rp 45,2 triliun.

Sejalan dengan misinya untuk mendukung pengembangan Jakarta dengan menjadi Bank pilihan untuk transaksi, UMKM dan mewujudkan masyarakat less cash, pengguna transportasi MRT Jakarta kini dapat menggunakan uang elektronik JakCard Bank DKI untuk melakukan pembayaran tiket MRT.

Selain MRT Jakarta, JakCard Bank DKI juga dapat digunakan untuk naik Transjakarta maupun transaksi pembayaran tiket untuk program regular dan personal frequent rider Kereta Bandara. Bank DKI juga akan mengintegrasikan pembayaran fasilitas transportasi layanan publik menggunakan sistem JakLingko, namun untuk perubahan maupun implementasi di lapangan, akan dilaksanakan secara bertahap.

Selain transportasi, transaksi pembayaran di fasilitas layanan publik seperti kawasan wisata Monumen Nasional, Taman Margasatwa Ragunan, dan Museum Seni & Keramik juga telah didukung menggunakan layanan JakCard Bank DKI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×