kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank DKI gandeng Polda Metro Jaya dalam layanan keterbukaan informasi kendaraan


Minggu, 25 November 2018 / 16:52 WIB
Bank DKI gandeng Polda Metro Jaya dalam layanan keterbukaan informasi kendaraan
ILUSTRASI. Pelayanan nasabah Bank DKI


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank DKI bekerjasama dengan Polda Metro Jaya untuk pengembangan sistem keterbukaan informasi Kendaraan Bermotor berupa aplikasi SMS dan Unstructured Supplementary Service Data (USSD) Info.

Direktur Teknologi & Operasional Bank DKI Priagung Suprapto menyampaikan, aplikasi SMS dan USSD Info bertujuan untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat dalam mendapatkan informasi data kendaraan bermotor juga besaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) melalui smartphone.

"Selain itu, aplikasi SMS & USSD Info ini juga menyediakan fitur reminder pembayaran PKB serta Info Samsat & SIM Keliling," ujar Priagung dalam keterangan tertulisnya, Minggu (25/11).

Selain itu Bank DKI juga mendukung pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) secara non tunai. Saat ini, pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan DKI Jakarta dapat dilakukan dimana saja menggunakan aplikasi JakOne Mobile.

Melalui layanan ini, Priagung menyatakan wajib pajak hanya perlu memasukkan nomor polisi kendaraan yang akan dibayar melalui JakOne Mobile. Selanjutnya, wajib pajak dapat melakukan pembayaran PKB sesuai dengan rincian jumlah nominal PKB yang tertera.

Sebagai tambahan, Wajib pajak juga bisa melakukan pembayaran PKB melalui fitur scan to pay pada QR Code yang tersedia di kasir pembayaran SAMSAT DKI Jakarta melalui JakOne Mobile. Pembayaran PKB juga dapat dilakukan melalui mesin ATM dan EDC Bank DKI.

”Sampai dengan saat ini, Bank DKI juga telah bekerjasama dalam memberikan pelayanan di lingkungan Samsat Polda Metro Jaya, diantaranya adalah e-Samsat, sistem antrian baru di gedung Pelayanan Satu Atap (PSA), serta layanan less cash dengan menyediakan loket transaksi non tunai di Samsat Polda Metro Jaya,” ungkap Priagung.

Komitmen Mendukung Transaksi Non Tunai
Bank DKI terus mendorong kemudahan layanan transaksi non tunai dengan menciptakan produk perbankan digital kepada nasabah yang tersegmentasi. Pada nasabah perorangan, Bank DKI memiliki produk JakOne Mobile dan Jakcard.

Sedangkan pada sektor korporasi dan instansi, Bank DKI menyediakan aplikasi Cash Management System (CMS) sebagai solusi layanan perbankan berbasis internet untuk nasabah korporasi dalam melakukan monitoring dan transaksi keuangan secara real time dan online.

Sarana CMS juga digunakan untuk mendukung transaksi pada 2.094 sekolah di Jakarta yang menerima dana BOS dan BOP dengan sistem CMS SIAP BOS-BOP (Sistem Informasi Akuntabilitas Pendidikan Bantuan Operasional Sekolah – Bantuan Operasional Pendidikan).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×