kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Indonesia resmi luncurkan Standar Nasional Open API Pembayaran


Selasa, 17 Agustus 2021 / 20:01 WIB
Bank Indonesia resmi luncurkan Standar Nasional Open API Pembayaran
ILUSTRASI. Layar menampilkan logo Bank Indonesia (BI) di Jakarta, Kamis (17/6/2021). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Indonesia (BI) meluncurkan Standar Nasional Open API Pembayaran atau disebut dengan SNAP. SNAP tersebut merupakan standar nasional yang ditetapkan BI atas seperangkat protokol dan instruksi yang memfasilitasi interkoneksi antar aplikasi secara terbuka dalam pemrosesan transaksi pembayaran. 

Adapun tujuan dari SNAP ini adalah menciptakan industri sistem pembayaran yang sehat, kompetitif, dan inovatif sehingga dapat menyediakan layanan sistem pembayaran kepada masyarakat yang efisien, aman dan andal. 

Gubernur BI, Perry Warjiyo, menyampaikan bahwa inisiatif yang dilakukan BI tersebut merupakan bentuk sinergi inovasi digitalisasi untuk kemajuan negeri sekaligus hadiah untuk peringatan kemerdekaan RI. 

“Kita sedang menorehkan sejarah, tidak hanya untuk masa sekarang, juga untuk masa yang akan datang. Semoga sinergi inovasi bagi negeri ini semakin nyata untuk mengisi kemerdekaan Republik Indonesia serta memajukan perekonomian Indonesia," ungkap Gubernur Perry dalam keterangan resminya, Selasa (17/8).

Baca Juga: Catat, ini cara mudah registrasi BNI Mobile Banking bisa lewat HP

Sekadar informasi, penyusunan SNAP ini dilakukan oleh Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) dengan membentuk Working Group (WG) Nasional. 

Kartika Wirjoatmodjo selaku Ketua Umum Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas), dalam kesempatan yang sama juga menyampaikan bahwa penerapan standar nasional dalam digitalisasi sistem pembayaran dapat mendorong optimalisasi inovasi layanan perbankan sekaligus mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional.  

Implementasi SNAP dinilai merupakan salah satu tahapan penting dalam rangka mengakselerasi open banking di area sistem pembayaran. Inisiatif ini merupakan tindak lanjut dari visi Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025 untuk terus mendorong akselerasi digitalisasi ekonomi dan keuangan nasional antara lain melalui inisiatif open banking

Sejalan dengan praktik di beberapa negara, standardisasi Open API Pembayaran diharapkan akan mengurangi fragmentasi industri serta mendorong akselerasi digitalisasi ekonomi dan keuangan di Indonesia. Penyusunan SNAP didahului dengan penerbitan Consultative Paper Standar Open API Pembayaran oleh Bank Indonesia pada triwulan I 2020.

Selanjutnya: Gandeng Bank of Thailand, BI luncurkan pilot project QRIS antar negara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×