kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45992,26   0,66   0.07%
  • EMAS1.132.000 -0,26%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Mandiri Berkomiten Jadi Mitra BI dalam Pengembangan Pasar Uang Valas dan Rupiah


Kamis, 30 November 2023 / 12:55 WIB
Bank Mandiri Berkomiten Jadi Mitra BI dalam Pengembangan Pasar Uang Valas dan Rupiah
ILUSTRASI. Kantor pusat Bank Mandiri di Jakarta.


Reporter: Nurtiandriyani Simamora | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) terus mendukung Bank Indonesia (BI) dalam mengimplementasikan kebijakan-kebijakan moneter untuk menjaga kestabilan sektor keuangan dan mendorong laju pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Direktur Treasury & International Banking Bank Mandiri, Eka Fitria menyebut konsistensi Bank Mandiri dalam mendukung BI didasari oleh komitmen perseroan untuk menjadi institusi keuangan yang berperan aktif dalam penciptaan industri finansial domestik yang kuat serta mampu mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. 

“Dalam mendukung pengendalian moneter, misalnya, kami memiliki basis nasabah eksportir yang sangat besar sehingga mampu menyediakan kebutuhan valas di pasar. Lalu, struktur pendanaan yang sangat kuat membuat Bank Mandiri mampu menyalurkan rupiah di pasar uang antar bank sehingga fluktuasi suku bunga di pasar uang antar bank relatif stabil,” jelas Eka dalam keterangan resminya, Kamis (30/11).

Dia menegaskan bahwa hingga Oktober 2023, transaksi valas Bank Mandiri telah menunjukkan pertumbuhan yang substansial sebesar 18,27% year to date, didukung oleh basis nasabah eksportir dan importir yang kuat.

Baca Juga: Kejar Laba Rp 55 Triliun pada 2023, BRI (BBRI) Siap Beri Dividen Jumbo Tahun Depan

Sedangkan dalam mendukung pendalaman pasar uang, jelasnya, Bank Mandiri aktif membantu BI mengembangkan produk-produk di pasar keuangan domestik. Contohnya, produk transaksi repo antar bank dimana Bank Mandiri menjadi market leader dan aktif mensosialisasikan produk ini kepada industri perbankan nasional.

“Untuk transaksi repo, kami telah berhasil meningkatkan jumlah mitra perbankan dalam transaksi repo menjadi 82 bank, memperkuat jaringan kemitraan untuk melakukan penetrasi pasar keuangan secara lebih komprehensif,” pungkas Eka.

Atas wujud dari komitmen tersebut, Pada Bank Indonesia Award 2023, BI memberikan tiga penghargaan terkait pengembangan pasar uang kepada Bank Mandiri.

Bank Mandiri dinobatkan sebagai Pendukung Pengembangan Pasar Uang Rupiah Terbaik, Pendukung Pengembangan Pasar Valas Terbaik, dan Bank Konvensional Pendukung Inovasi Operasi Moneter Valas Terbaik.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo kepada Direktur Treasury & International Banking Bank Mandiri, Eka Fitria, di Jakarta, Rabu (29/11).

Baca Juga: Begini Jurus BI untuk Mendorong Transaksi Digital Banking pada Tahun Depan

Eka menyatakan penghargaan ini merupakan bukti atas komitmen Bank Mandiri yang secara aktif melakukan inovasi dan transformasi yang fokus untuk memenuhi kebutuhan nasabah. 

“Kami bangga dan bersyukur atas penghargaan ini, yang merupakan hasil dari kerja keras dan kolaborasi seluruh Mandirian, yang terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan kepada nasabah,” ujar Eka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×