kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45866,25   0,74   0.09%
  • EMAS917.000 -0,76%
  • RD.SAHAM -0.32%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Bank Mandiri catat pertumbuhan kredit 3,29% yoy per Mei 2021


Kamis, 24 Juni 2021 / 11:48 WIB
Bank Mandiri catat pertumbuhan kredit 3,29% yoy per Mei 2021
ILUSTRASI. KCU Bank Mandiri

Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) berhasil mengerek penyaluran kredit di lima bulan pertama tahun 2021. Buktinya, per Mei 2021, penyaluran kredit Bank Mandiri sudah mencapai Rp 784,34 triliun.

Asal tahu saja, nilai itu tumbuh 3,29% secara year on year (yoy) dibandingkan posisi yang sama tahun lalu sebesar Rp 759,33 triliun. 

Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rudi As Atturidha menyatakan, kontribusi utama pertumbuhan kredit tersebut berasal dari sektor transportasi, pergudangan dan komunikasi. Selain itu, juga datang dari pertanian, perburuan dan kehutanan, serta konstruksi.

“Kredit Korporasi sampai dengan Mei 2021 tumbuh sebesar 3,74% (bank only) dibandingkan posisi yang sama tahun sebelumnya (YoY). Ke depan, pertumbuhan kredit Korporasi diharapkan berasal dari sektor-sektor yang berdasarkan hasil analisa Bank diperkirakan memiliki prospek baik,” kata dia kepada Kontan.co.id, Rabu (23/6).

Baca Juga: Sejumlah bank masih mampu catatkan pertumbuhan kredit pada bulan lalu

 

 

Selain itu, kredit korporasi juga akan datang dari sektor yang memiliki recovery yang relatif cepat dari dampak pandemi Covid-19. Rudi memberikan contoh seperti fast-moving consumer goods (FMCG), perkebunan sawit dan CPO, serta telekomunikasi.

Sebelumnya, Direktur Utama Bank mandiri Darmawan Junaidi memproyeksi kredit bank bisa tumbuh kisaran 10% hingga 12% sepanjang 2021. Guna mencapai target itu, Bank Mandiri menajamkan tiga fokus bisnis. 

Pertama, integrasi bisnis wholesale dan ritel dengan memaksimalkan potensi value chain pada ekosistem nasabah wholesale. Kedua, mengoptimalkan potensi bisnis di wilayah serta sektor unggulan serta sektor- sektor yang pulih lebih cepat,” ujar Darmawan secara virtual.

Ketiga, Bank Mandiri akan mengakselerasi digital dengan mengembangkan solusi digital, perbaikan proses, modernisasi, channel, serta peningkatan kapabilitas core banking. Hingga kuartal pertama 2021, distribusi digital Bank Mandiri pun mampu tumbuh dengan baik.

 

Selanjutnya: Obligasi Bank Cimb Niaga kantongi peringkat idAAA dari Pefindo

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×