kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45996,76   -4,98   -0.50%
  • EMAS979.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Bank Mandiri Dikabarkan Jajaki Akuisisi Bank Prima Master


Selasa, 09 Agustus 2022 / 09:32 WIB
Bank Mandiri Dikabarkan Jajaki Akuisisi Bank Prima Master
ILUSTRASI. Bank Mandiri dikabarkan sedang melakukan pembicaraan untuk akuisisi Bank Prima Master


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) dikabarkan sedang melakukan penjajakan untuk mengakuisisi Bank Prima Master. Hal itu dilaporkan DealStreetAsia pada Senin (8/8), yang mengutip beberapa sumber yang mengetahui perkembangan dari akuisisi tersebut.

Bank Prima Master merupakan satu-satunya bank di Tanah Air saat ini yang modal intinya masih di bawah Rp 1 triliun. Per Maret 2022, modal tier I bank yang berbasis di Surabaya tersebut masih Rp 282 miliar. Sementara akhir tahun ini, Bank Prima Master wajib memenuhi modal inti minimum Rp 3 triliun jika tak ingin turun kasta jadi BPR

Bulan lalu, DealStreetAsia sudah melaporkan ada dua calon investor yang melakukan penjajakan awal secara terpisah untuk mengakuisisi saham minoritas dari Bank Prima Master. Yaitu, perusahaan fintech China Jianpu Technology dan pemberi pinjaman Indonesia yang tidak disebutkan namanya.

Sumber mengatakan bahwa pembicaraan dengan Bank Mandiri bergerak lebih cepat. Jika kesepakatan tercapai, Bank Prima Master kemungkinan akan mengumumkan rencana rights issue dan Bank Mandiri bakal menyerap penerbitan saham baru tersebut.

Baca Juga: Bank Mandiri Optimistis dengan Pertumbuhan Fee Based Income Sampai Akhir Tahun

Menurut sumber tersebut, pembicaraan antara Bank Prima Master dan Bank Mandiri saat ini sedang dalam tahap pertengahan hingga lanjutan. Tetapi hingga saat ini belum ada keputusan akhir yang dibuat oleh salah satu pihak terkait rencana akuisisi tersebut.

Dalam laporan KONTAN pada 19 April 2022, Bank Mandiri memang mengungkapkan membuka peluang untuk mengakuisisi bank dan mengubahnya jadi bank digital.

"Rencana akuisisi bank kecil untuk dihadirkan bank digital ada, kami tidak menutup peluang itu," ujar Sigit Prastowo, Direktur Keuangan dan Strategi Bank Mandiri kala itu.  

 

 

Sementara pada Mei 2021 lalu, Direktur Eksekutif Penelitian dan Pengaturan Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Anung Herlianto mengatakan bahwa Bank Prima Master sudah masuk pipeline untuk diakuisisi bank besar dari asing guna memenuhi aturan permodalan yang ditetapkan OJK.

"Bank Prima Master sudah masuk pipeline untuk diakuisisi oleh bank besar dari luar. Nanti, kita tunggu saja,” jelas Anung.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×