kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45790,50   -3,71   -0.47%
  • EMAS1.007.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.22%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.23%

Bank Mandiri optimitis target penyaluran KUR Rp 30 triliun tercapai


Selasa, 29 September 2020 / 05:35 WIB
Bank Mandiri optimitis target penyaluran KUR Rp 30 triliun tercapai

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) optimistis jatah Kredit Usah Rakyat (KUR) perseroan tahun ini sebesar Rp 30 triliun bisa tersalurkan seluruh. Pasalnya, permintaan KUR sejak Juni telah mengalami peningkatan cukup tinggi.

Sepanjang Januari-Agustus 2020, Bank Mandiri telah menyalurkan KUR sebesar Rp 11,58 triliun. Itu setara dengan 38,6% dari kuota KUR yang diterima perseroan. Sebanyak Rp 7,08 triliun disalurkan ke sektor produksi atau 61,14%.

Rully Setiawan, Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri mengatakan penyaluran KUR telah meningkat signifikan pasca Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pertama dilonggarkan.

Baca Juga: Ekonom Bank Mandiri prediksi ekonomi Indonesia bisa minus 2% di 2020

"Selama Juni-Agustus, penyalurannya meningkat 57% dibanding Maret-Mei. Bank Mandiri tetap optimistis akan dapat mencapai target KUR yang ditugaskan oleh pemerintah," katanya pada Kontan.co.id, Jumat (25/9)

Salah satu strategi Bank Mandiri dalam mendorong percepatan penyaluran KUR adalah dengan memanfaatkan platform digital Mandiri Pintar. Mandiri Pintar adalah sebuah aplikasi kredit berbasis smartphone (android).

Rully bilang, aplikasi tersebut merupakan terobosan Bank Mandiri dalam hal digitalisasi pengajuan kredit mikro produktif sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada nasabahnya sekaligus menggairahkan bisnis segmen UMKM.

Dengan Mandiri Pintar, Bank Mandiri membekali tenaga pemasar mikro atau yang biasa disebut Mikro Kredit Sales (MKS) untuk dapat langsung memproses pengajuan kredit melalui smartphone (Android) kepada nasabah dalam waktu yang lebih cepat.

Baca Juga: Bank Mandiri Syariah catatkan kinerja positif di tengah pandemi Covid-19

Jika sebelumnya pengajuan kredit memerlukan waktu 2-3 hari. Dengan menggunakan aplikasi Mandiri Pintar, maka keputusan kredit dapat diperoleh dengan waktu sekitar 15 menit setelah MKS mengajukan data debitur melalui Mandiri Pintar.

Selain itu, Bank MAndiri juga melakukan kerja sama channeling penyaluran KUR dengan platform online seperti Gojek. Rully mengatakan, skema kerja sama channeling itu dibuat dalam prinsip saling menguntungkan dengan tetap memperhatikan best practice dan ketentuan regulator.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×