kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Mandiri salurkan KUR Rp 6,7 triliun hingga April 2020


Rabu, 10 Juni 2020 / 14:37 WIB
Bank Mandiri salurkan KUR Rp 6,7 triliun hingga April 2020
ILUSTRASI. Pengunjung mengamati koleksi busana produk pelaku UMKM dan peserta Rumah Kreatif BUMN (RKB) Bank Mandiri


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perbankan tetap berkomitmen untuk bisa menyalurkan kuota Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang diperoleh masing-masing bank tahun ini meskipun para penerima KUR saat ini banyak terdampak pandemi virus corona (Covid-19).

Bank Mandiri misalnya tetap berkomitmen untuk bisa menyalurkan kuota KUR sebanyak Rp 30 triliun yang diperoleh tahun ini meskipun sampai dengan April serapannya masih rendah.

Agar bisa terserap di tengah tekanan pandemi ini, Rully Setiawan, Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri mengatakan, pihaknya sedang berupaya mempercepat proses verifikasi permohonan dan proses persetujuan atas restrukturisasi kredit para debitur KUR terdampak Covid-19 sehingga mereka dapat terus menjalankan kegiatan usaha.

Baca Juga: Laba bersih Bank Mandiri naik 9,4% menjadi Rp 7,9 triliun di kuartal I 2020

Dalam penyaluran KUR tersebut, Bank Mandiri akan tetap mengedepankan kehati-hatian dan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan. 

"Penyaluran KUR akan difokuskan pada sektor terkait ketahanan pangan," kata Rully kepada Kontan.co.id baru-baru ini.

Sementara sepanjang Januari-April 2020, Bank Mandiri baru berhasil menyalurkan Rp 6,7 triliun KUR atau 22,3% dari kuota yang diperoleh dari pemerintah. KUR itu diserap oleh sektor-sektor yang dinilai Bank Mandiri relatif aman dari dampak Covid-19 seperti pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan.

Sektor-sektor tersebut akan tetap jadi sasaran utama Bank Mandiri dalam menyalurkan KUR ke depan. Pasalnya, sektor bisnis tersebut berpengaruh pada pencapaian strategi ketahanan pangan nasional.

Rully melihat sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan memiliki prospek yang cukup baik saat ini karena tidak terdampak pandemi covid-19 secara signifikan. Hingga akhir Mei, total KUR yang sudah direstrukturisasi Bank Mandiri mencapai Rp 9,6 triliun dengan 135.000 debitur.

Baca Juga: Bank penyalur KUR yakin bisa serap kuota tahun ini meski ada pandemi corona

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×