kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,05   4,30   0.48%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank masih getol kucurkan kredit sindikasi


Rabu, 08 November 2017 / 06:30 WIB
Bank masih getol kucurkan kredit sindikasi


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kredit sindikasi menjadi strategi perbankan untuk memenuhi permintaan kredit bernilai besar. Sebab, skema kredit secara patungan ini mampu membiayai permintaan kredit ke infrastruktur yang berjumlah besar dan bertenor panjang. 

Semisal, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) masih memanfaatkan penyaluran kredit sindikasi. Wakil Direktur Utama BNI Herry Sidharta mengatakan, setidaknya ada Rp 18 triliun kredit sindikasi yang akan digarap hingga akhir tahun ini.

"Sindikasi ini terdiri dari sektor manufaktur, tol dan properti," kata Herry kepada KONTAN, Selasa (7/11). Bank berlogo 46 ini mencatat realisasi kredit sindikasi mencapai Rp 50,8 triliun per September 2017. Jumlah ini naik 22,48% secara year on year (yoy).

Bank berplat merah ini terbilang berperan dalam proyek kredit sindikasi. Secara persentase, peran BNI bertindak sebagai pimpinan sindikasi mencapai 21,15% hingga 93%. Sedangkan, keikutsertaan BNI sebagai anggota sindikasi sekitar 0% sampai 64,43%. 

Sementara itu, PT Bank Mandiri Tbk akan menyalurkan Kredit sindikasi sebesar Rp 15 triliun-Rp 20 triliun hingga akhir tahun ini. Pinjaman sindikasi ini akan mengalir untuk sejumlah proyek infrastruktur.

Yang terbaru, Bank Mandiri berpartisipasi pada kredit sindikasi untuk PT Waskita Karya Tbk. Perusahaan BUMN ini mendapatkan kredit sindikasi sebesar Rp 5,14 triliun untuk pembangunan proyek jalan tol Jakarta-Cikampek II Elevated.

Senior Vice President Corporate Banking Bank Mandiri Dikdik Yustandi menyampaikan, pihaknya berkontribusi kredit senilai Rp 1,43 triliun dalam sindikasi ini. Bank berlogo pita emas ini bertindak sebagai joint mandated lead arranger (JMLA) and bookrunner.

Ia melanjutkan, Bank Mandiri berkomitmen mendukung infrastruktur di segmen jalan tol. Terbukti dari realisasi pembiayaan untuk pembangunan jalan tol mencapai Rp 9,4 triliun hingga September 2017, atau tumbuh 12% secara tahunan.

Sekretaris Perusahaan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jan Hendra menuturkan, BCA ingin meningkatkan kredit sindikasi mencapai Rp 14,35 di akhir tahun ini. Dari total penyaluran kredit lewat sindikasi senilai Rp 8,35 triliun per September 2017. 

Kredit sindikasi ini mengalir untuk pinjaman infrastruktur. Bank berkode saham BBCA ini mematok oustanding kredit infrastruktur mencapai Rp 20 triliun di akhir tahun ini.  

Senior Vice President Corporate Banking BCA Yuli Melati Suryaningrum menambahkan, pihaknya mengincar sektor energi (power plant) dan jalan tol untuk kredit infrastruktur. 

"Sektor power plant dan jalan tol memiliki porsi hampir sekitar 30%," terang Yuli. BBCA memiliki sejumlah proyek infrastruktur. Misal BCA ikut patungan kredit senilai Rp 1,46 triliun untuk tol Jakarta-Cikampek Elevated II.

Adapun, kredit lain yang sudah ditandatangani yakni sindikasi proyek light rail transit (LRT) Jabodetabek mencapai Rp 4 triliun melalui BCA dari total kredit sebesar Rp 19 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×