kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank pacu penyaluran kredit konsumer jelang akhir tahun


Selasa, 12 November 2019 / 21:03 WIB
Bank pacu penyaluran kredit konsumer jelang akhir tahun


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah bank terus berupaya mendorong penyaluran kredit konsumer agar sampai ujung tahun bisa tumbuh lebih baik dibandingkan kuartal III 2019. Sejumlah strategi masih terus digalakan di setiap segmen untuk meningkatkan transaksi.

PT Bank Mandiri Tbk misalnya masih berjuang keras mengejar pertumbuhan kredit konsumer hingga 5% akhir tahun ini. Hingga kuartal III 2019, Bank Mandiri baru menorehkan pertumbuhan kredit konsumer sebesar 4,1% secara year on year (yoy).

Baca Juga: Bunga KUR bakal turun lagi di tahun depan, ini kata bankir

Executive Vice President Consumer Loans Bank Mandiri Ignatius Susatyo Wijoyo mengatakan, setiap sektor di segmen konsumer akan terus didorong untuk bisa tumbuh lebih baik. "Kredit pemilikan rumah (KPR) kami harapkan bisa tumbuh 3%, dimana sampai Oktober baru tumbuh 2,48% yoy," katanya di Jakarta, Selasa (12/11).

Menurut Satyo, peluang KPR untuk bisa tumbuh masih ada. Pasalnya, pengajuan aplikasi yang masuk ke perseroan terus mengalami peningkatan hingga 10% dari bulan ke bulan sejak Juli lalu. Hal itu sejalan dengan perubahan strategi yang dilakukan Bank Mandiri yang mulai membuka diri bekerjasama dengan pengembang tier 2.

Bank Mandiri melihat prospek penyaluran KPR untuk segmen end user masih besar terutama untuk ukuran di bawah 70 meter persegi (m2) dengan harga di bawah Rp 1,5 miliar. Untuk menjaring peluang ini, perseroan masih akan gencar melakukan kegiatan promo bunga KPR hingga akhir tahun dengan menggandeng pengembang.

Baca Juga: Bank siapkan strategi demi pacu KPR hingga akhir tahun

Adapun untuk kredit kendaraan bermotor (KKB), menurut Susatyo, juga masih memiliki peluang karena penjualan kendaraan roda dua masih mengalami pertumbuhan walaupun di penjualan mobil menurun.

Tahun depan, Bank Mandiri menargetkan kredit konsumer bisa tumbuh sekitar 80%. KPR diharapkan bisa meningkat 10%, KKB tumbuh 5%, dan Kartu Kredit 20%. "Kami akan agresif di KPR karena sudah kerjasama 400 dengan pengembang tier 2 saat ini." ujar Susatyo.




TERBARU

[X]
×