kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Bank Tabungan Negara (BTN) Pasarkan Produk UMKM ke China


Jumat, 22 September 2023 / 17:39 WIB
Bank Tabungan Negara (BTN) Pasarkan Produk UMKM ke China
ILUSTRASI. Pengunjung memilih produk umkm yang dipamerkan di Jakarta, Rabu (20/9/2023). Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tercatat, penyaluran pembiayaan multifinance ke sektor UMKM meningkat 23,27% year on year (YoY) menjadi Rp 164,12 triliun per Juli 2023, dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya Rp 133,14 triliun./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/20/09/2023.

Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk memfasilitasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaan perseroan menjual produk lokal ke pasar China. 

Langkah tersebut menjadi salah satu bagian dari strategi Bank BTN mendukung Pemerintah termasuk Kementerian BUMN membawa UMKM menembus pasar global. 

Adapun, UMKM yang dikirim Bank BTN ke China merupakan binaan dari Rumah BUMN BTN KC Yogyakarta. Rumah BUMN merupakan wadah untuk mendukung pengembangan UMKM di Indonesia melalui berbagai inisiatif maupun sinergi dengan instansi atau lembaga lainnya. 

Baca Juga: Bisnis Bancassurance Perbankan Ikut Terdampak Premi Asuransi yang Lesu

Para UMKM tersebut memamerkan produk unggulannya melalui kegiatan China ASEAN EXPO 2023 di Nanning Internasional Conference and Exhibition. 

Corporate Secretary Bank BTN Ramon Armando mengatakan, produk yang dijual UMKM binaan Bank BTN yakni perlengkapan rumah tangga berbahan dasar eceng gondok serta daun pandan. Selain itu, UMKM tersebut juga menjual tas dengan teknik pewarnaan kain alami.

“Kami mengapresiasi Kementerian BUMN yang mewadahi para UMKM untuk Go China. Kami berharap upaya ini dapat membuat produk UMKM Indonesia juga diminati di pasar China, terutama karena keunikan dan kreativitasnya,” jelas Ramon dalam keterangan tertulisnya, Kamis (21/9). 

Baca Juga: Sejumlah Bank Pacu Pendapatan Komisi Saat Kondisi Suku Bunga Tak Tentu

Selain pembinaan untuk UMKM, Bank BTN juga menyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi para pengusaha cilik tersebut. Dukungan Bank BTN bagi para wiraswasta melalui KUR terpantau dari lonjakan penyaluran KUR sebesar 123,10 % secara tahunan (year-on-year/yoy) per Juni 2023.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir melalui staf khususnya, Arya Sinulingga, menyebutkan bahwa keterlibatan UMKM dalam pasar global perlu ditingkatkan agar target ekspor tercapai.

China ASEAN EXPO 2023 merupakan pameran hasil kesepakatan pada KTT China ASEAN ke-7 di bulan Oktober 2003 dalam kerangka kerja perdagangan ekonomi China-ASEAN Free Trade Area (CAFTA).

Selanjutnya: Diragukan Akselarasi Transisi Energi, RUU EBET Salah Sasaran?

Menarik Dibaca: Begini Cara Tingkatkan Kualitas Layanan Pengantaran Pesanan ala Titipku

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

×