kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45897,08   -0,94   -0.10%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bayar kereta komuter dengan kartu prabayar bank


Senin, 16 Juni 2014 / 10:08 WIB
Bayar kereta komuter dengan kartu prabayar bank


Reporter: Dea Chadiza Syafina | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Tiga bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali melakukan sinergi. Kali ini Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Mandiri, bekerjasama dengan PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) meresmikan penggunaan kartu prabayar milik tiga bank yaitu BRIZZI, MANDIRI E-MONEY dan BNI TAPCASH, sebagai e-ticketing membayar tiket Kereta Commuter Line Jabodetabek.

Peresmian e-ticketing tersebut dilaksanakan di Stasion Jakarta Kota, pada hari ini (16/6). Implementasi e-ticketing dengan kartu prabayar tiga bank ini bertujuan untuk memudahkan penumpang kereta commuter line dalam melakukan pembayaran tiket kereta, sehingga transaksi menjadi lebih mudah, praktis dan tidak perlu repot menyediakan uang tunai.

Rute kereta commuter line Jabodetabek yang dikelola oleh KCJ menghubungkan antar kota di Jabodetabek yaitu sebagai berikut:
a. Rute Bogor/Depok - Jakarta Kota (Pulang Pergi/ PP)
b. Rute Bogor/Depok - Jatinegara (PP)
c. Rute Bekasi - Jakarta Kota (PP)
d. Rute Maja/Serpong - Tanah Abang (PP)
e. Rute Tangerang - Duri (PP)

Dalam peresmian kerja sama ini, hadir Direktur Bisnis Konsumer BRI-A. Toni Soetirto, Direktur Micro and Retail Banking Bank Mandiri-Hery Gunardi, SEVP Transaction Banking Bank Mandiri-Rico Usthavia Frans dan Direktur Konsumer & Ritel BNI-Darmadi Sutanto, serta Direktur Utama PT KCJ Tri Handoyo dan Direktur IT PT KAI (Persero) Kuncoro Wibowo.

Direktur PT KAI Commuter Jabodetabek Tri Handoyo berharap, peningkatan layanan ini akan mendorong masyarakat memilih transportasi umum sebagai transportasi sehari-hari. Dalam catatannya, saat ini ada sekitar 640.000 pengguna jasa KRL di Jabodetabek. Sebanyak 60% di antaranya telah menggunakan tiket berlangganan Kartu Multi Trip (KMT) dan Uang Elektronik.

"Sinergi BUMN mengenai implementasi e-ticketing ini merupakan upaya meningkatkan pelayanan kepada para penumpang kereta commuter line Jabodetabek dengan memberikan kemudahan dan kecepatan bertransaksi dengan uang elektronik, sehingga diharapkan kerjasama ini juga dapat meningkatkan jumlah transaksi Kartu berlangganan dan uang elektronik untuk perjalanan KRL," ucap Tri di Jakarta, Senin (16/6).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Bisnis Konsumer BRI, A. Toni Soetirto mengatakan, jenis kartu prepaid BRIZZI yang diimplementasikan di sistem e-ticketing KCJ, disamping sebagai alat pembayaran di KCJ kartu ini juga terintegrasi sebagai media bayar di transportasi umum lainnya seperti Transjakarta, TransJogja, Batik Solo Trans, Trans Pekanbaru.

"Bahkan saat ini kami sedang melakukan penjajakan untuk integrasi ke sistem MRT Jakarta yang sedianya diimplementasikan pada tahun 2016," ujarnya.

Lebih lanjut Toni mengungkapkan, kartu BRIZZI juga dapat digunakan sebagai media pembayaran sehari-hari di berbagai merchant seperti Carefour, Hypermart, Indomaret, Lawson, Alfamart, foodcourt, SPBU, PERTAMINA, jasa transportasi, sebagai alat pembayaran parkir ISS, pembayaran sarana public airport tax, resto dan merchant-merchant lainnya yang telah bekerjasama dengan BRI.

Sementara itu, SEVP Transaction Banking Bank Mandiri, Rico Usthavia Frans, mengatakan bahwa dengan diimplementasikannya e-ticketing ini merupakan salah satu upaya Bank Mandiri dan PT KAI Commuter Jabodetabek untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pengguna commuter line, khususnya di bidang pelayanan transaksi.

"Penumpang commuter line dapat memilih jenis MANDIRI E-MONEY yang akan digunakan, terdiri dari e-money, e-Toll Card, Indomaret Card atau GazCard sebagai electronic ticket commuter line. Selain praktis digunakan di commuter line, nikmati juga kemudahan berbelanja di merchant retail, bayar tol, bayar tiket busway Transjakarta, bayar parkir dan transaksi di SPBU dengan MANDIRI E-MONEY," katanya.

Direktur Konsumer & Ritel BNI Darmadi Sutanto menjelaskan, dengan adanya kerjasama di KCJ ini diharapkan dapat membantu program Less Cash Society (LCS) yang diusung Bank Indonesia dan penerapan single card untuk transportasi publik di Jakarta. Karena selain dapat digunakan di kereta commuter line Jabodetabek, juga dapat digunakan di Transjakarta dan merchant-merchant bertanda TapCash lainnya.

"Untuk itu, BNI TAPCASH tidak hanya dapat digunakan di moda transportasi KRL commuter line Jabodetabek ini saja, melainkan juga sudah dapat digunakan di bus Transjakarta, SPBU dan merchant-merchant bertanda TapCash lainnya.

Adapun untuk isi ulang kartu TapCash dapat dilakukan di merchant-merchant bertanda TapCash dan ATM bertanda TapCash, selain itu juga dapat dilakukan di cabang-cabang BNI di Jabodetabek," ungkap Darmadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×