Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Khomarul Hidayat
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di era digital seperti saat ini, beberapa bank sudah menyiapkan strategi. Salah satunya dengan mengembangkan kantor cabang digital.
Strategi ini antara dilakukan dua bank yaitu PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) dan PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA). Santoso Liem, Direktur BCA mengatakan, pihaknya ingin beberapa cabang bertransformasi ke digital.
“Sumber daya manusia (SDM) dan mesin diharapkan bisa adaptif terhadap perkembangan digital ini,” kata Santoso kepada kontan.co.id Senin (19/11).
Nantinya BCA akan lebih banyak memperbanyak mesin ATM yang tidak hanya berfungsi sebagai tarik tunai tapi juga setor tunai. "Selain itu, jika nanti nasabah ingin ke cabang digital bisa janjian dulu lewat aplikasi, bisa pesan dulu ingin jam berapa datang," ujar Santoso.
Tak mau kalah, Lani Darmawan, Direktur Consumer Banking CIMB Niaga mengatakan, nantinya jika nasabah CIMB Niaga ingin membuka rekening, tidak perlu datang ke kantor cabang dan cukup melalui gadget atau ponsel pintar.
“Investasi ke cabang kami alihkan ke digital lounge dan kas mobile,” kata Lani kepada kontan.co.id, Senin (19/11). Selain itu dalam beberapa tahun terakhir, CIMB Niaga cukup masif mengembangkan digital banking.
Terutama dengan mobile banking go-mobile dan internet banking clicks. Dalam jangka panjang, CIMB iaga juga akan mengoptimalkan transaksi QR code yang diproyeksikan menggantikan transaksi menggunakan kartu.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News