Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Dessy Rosalina
KONTAN.CO.ID - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) bilang sudah menyiapkan dana sebesar Rp 80 miliar untuk mengatasi masalah ATM yang terjadi.
Dana ini mayoritas untuk mengganti biaya tarik tunai antar bank nasabah BCA yaitu sebesar Rp 50 miliar sampai Rp 70 miliar. Sedangkan dana sisanya untuk biaya pemindahan jaringan komunikasi satelit.
Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur BCA bilang sebanyaik 30% ATM atau 5.700 ATM terkena masalah terkait Telkom 1. "Selain itu ada 126 kantor kas yang juga terkena masalah ATM ini," ujar Jahja ketika memberikan keterangan pers, Senin (28/8).
Untuk menangani 5.700 ATM yang error ini, BCA akan memindahkan sebanyak 2.000 ATM dari Telkom 1 ke APSTAR-5. Selain itu 3.700 ATM sisanya akan dipindahkan dari Telkom 1 ke Telkom 3s.
Proses pemindahan ini diperkirakan bertahap selama 2 sampai 3 minggu. Lamanya permindahan satelit ini disebabkan karena harus melalui proses teknis.
Sebagai gambaran, sebelum gangguan satelit Telkom 1, BCA sudah menyewa 5 satelit diantaranya adalah Telkom 1, MTSAT, Telkom 3A, Telkom 3S, Abstar 4. Setelah gangguan BCA menambah satu satelit yaitu APSTAR-5.
Jahja bilang selain penanganan ATM, BCA juga bergerak cepat dalam menangani masalah kantor kas. Khusus untuk kantor kas BCA menargetkan bisa menyelesaikan dalam 2,5 hari.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News