kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.001,74   -2,58   -0.26%
  • EMAS981.000 0,10%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

BCA Optimistis Kredit Tumbuh Melesat di 2022


Senin, 21 Maret 2022 / 15:54 WIB
BCA Optimistis Kredit Tumbuh Melesat di 2022
ILUSTRASI. BCA optimistis penyaluran kredit akan tumbuh lebih baik tahun ini. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc.

Reporter: Ferrika Sari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Central Asia Tbk optimistis pertumbuhan penyaluran kredit bisa lebih baik pada 2022. Untuk tahun ini, bank swasta terbesar di Indonesia ini menargetkan kredit tumbuh di kisaran 6% - 8% pada 2022. 

Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA, Hera F. Haryn optimistis perusahaan bisa memenuhi target tersebut karena didorong sejumlah faktor. 

"Kami mencermati ada beberapa faktor yang akan mempengaruhi penyaluran kredit tahun ini seperti mobilitas masyarakat yang diharapkan bisa kembali normal, suku bunga, likuiditas yang ada, dan lainnya," kata Hera, Senin (21/3). 

Oleh karena itu, BCA juga mengapresiasi langkah pemerintah melalui program vaksinasi yang terus meningkat dan cepat, sehingga diharapkan dapat mengurangi dampak pandemi ini. 

Baca Juga: Ini Bank dengan Kemampuan Mencetak Laba Tertinggi di Tanah Air

"Peraturan relaksasi kredit dari regulator juga sangat kami hargai sejak awal pandemi sehingga perbankan dapat memberikan pelayanan perbankan secara optimal," terangnya. 

Ke depan, BCA berharap bahwa Covid-19 di Indonesia semakin terkendali, aktivitas bisnis stabil sehingga pemulihan ekonomi yang disertai penerapan protokol kesehatan dan berbagai kebijakan strategis dari regulator dan otoritas perbankan.

Secara keseluruhan, total kredit BCA naik 8,2% yoy menjadi Rp 637,0 triliun pada 2021, atau lebih tinggi dari target pertumbuhan 6%. Kredit korporasi naik 12,3% yoy mencapai Rp 286,5 triliun pada 2021, menjadi penopang utama pertumbuhan total kredit BCA. 

Alhasil, penyaluran kredit baru di segmen korporasi tumbuh dua kali lipat dibandingkan level pra-pandemi. KPR turut menjadi kontributor tertinggi kedua, tumbuh 8,2% yoy menjadi Rp 97,5 triliun. 

"Pertumbuhan kredit BCA diikuti oleh perbaikan kualitas pinjaman, sejalan dengan kredit yang direstrukturisasi berangsur kembali ke pembayaran normal," jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×