kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BCA salurkan kredit ke UMKM lewat fintech P2P lending Komunal


Jumat, 19 November 2021 / 16:50 WIB
BCA salurkan kredit ke UMKM lewat fintech P2P lending Komunal


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berupa meningkatkan penyaluran kredit kepada para pelaku UMKM salah satunya dengan Disbursement of Digital Partnership. Terbaru, BCA menyepakati kerjasama dengan PT Komunal Finansial Indonesia (Komunal) untuk menyalurkan pembiayaan bagi UMKM yang membutuhkan.

Komunal akan menjadi jembatan antara BCA dengan UMKM yang membutuhkan permodalan bisnis. Kerjasama yang terjalin ini akan membantu UMKM dalam mengembangkan bisnis dengan limit kolaborasi yang disepakati senilai Rp 15 miliar.

Adapun, kerjasama ini akan dilakukan melalui fasilitas channeling pembiayaan dengan plafon per debitur sebesar maksimal Rp 2 miliar dengan tenor pembiayaan selama maksimal 3 bulan.

“BCA kembali menjalin kerjasama dengan fintech. Upaya ini dilakukan untuk memberikan dorongan semangat dan materi bagi pelaku UMKM untuk bersama memulihkan perekonomian. Bagian dari inisiatif digital BCA ini juga kian memperluas jangkauan pembiayaan ke debitur UMKM, jaringan bisnis, serta kolaborasi lainnya,” ujar Senior Vice President Commercial & SME Business BCA Elvriawati Tumewah dalam keterangan tertulis pada Jumat (19/11).

Baca Juga: Persiapan BCA untuk aplikasikan BI-Fast sudah masuki tahap akhir

Kemudian, Elvriawati menambahkan hingga Oktober 2021, total Disbursement of Digital Partnership yang telah dibukukan oleh BCA yaitu mencapai Rp 145,76 Milyar dengan berbagai channeling. Terdapat sejumlah program yang mendukung digital partnership seperti Business Personal Loan E-commerce, Business Personal Loan Direct, maupun Channeling Fintech.

Untuk informasi, Komunal merupakan perusahaan teknologi finansial yang memberikan fasilitas berupa layanan peer-to-peer (P2P) lending untuk mendukung menciptakan hubungan antara UMKM potensial dengan para pemberi dana untuk mendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia.

 

Komunal yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK ini, telah beroperasi sejak Februari 2019 hingga Oktober 2021 dan menyalurkan pinjaman lebih dari Rp 700 Milyar untuk berbagai produk pinjaman yang ditawarkan. Sementara itu total kreditur aktif yang ada di Komunal saat ini mencapai 1.495 kreditur yang di dominasi di bagian Jawa Timur.

“Dengan adanya kolaborasi dengan Komunal, kami berharap BCA dapat memperluas jaringan pembiayaan dan lebih strategis dalam menjangkau para pengusaha UMKM untuk memenuhi kebutuhan kredit usahanya supaya ke depannya para pengusaha UMKM Indonesia menjadi lebih maju dan bertumbuh secara bisnis,” tutup Elvriawati.

Selanjutnya: BI tahan suku bunga acuan, simak proyeksi pergerakan rupiah selanjutnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×