Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Anna Suci Perwitasari
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Muamalat Indonesia Tbk memperkenalkan fitur terbaru di aplikasi mobile banking Muamalat DIN bernama Smart Account Opening (SAO).
Direktur Operasi Bank Muamalat Awaldi bilang, perkembangan layanan berbasis digital akan terus meningkat seiring dengan pergeseran kebiasaan nasabah yang semakin digital di tengah pandemi.
“Nasabah kami semakin sedikit yang datang ke kantor cabang dan lebih memilih bertransaksi secara digital terutama selama pandemi Covid-19. Kami memiliki nasabah yang sangat loyal, oleh karena itu kami juga ingin memberikan layanan terbaik bukan hanya secara fisik tapi juga digital,” kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Kamis (9/9).
Direktur Bisnis Ritel Bank Muamalat Purnomo B. Soetadi menambahkan, fitur SAO memungkinkan calon nasabah membuka akun rekening secara online. Diharapkan dengan hadirnya fitur baru ini jumlah akuisisi nasabah baru di Bank Muamalat semakin meningkat dan berdampak positif terhadap volume transaksi di aplikasi Muamalat DIN.
“Saat ini jumlah transaksi yang diproses via Muamalat DIN sudah lebih dari satu juta transaksi per bulan. Kami optimistis dengan hadirnya fitur baru ini akan membantu pembukaan rekening baru sebanyak 14.000 sampai dengan 16.000 per bulan. Dengan demikian terdapat potensi peningkatan jumlah transaksi sebanyak 30% per bulan,” paparnya.
Baca Juga: Bank Muamalat rilis fitur debit online kartu Shar-E Muamalat
Untuk dapat menggunakan fitur ini calon nasabah harus mengunduh aplikasi Muamalat DIN terlebih dahulu melalui Play Store untuk pengguna sistem operasi Android dan App Store untuk pengguna sistem operasi iOS. Selanjutnya, calon nasabah perlu mengakses menu pembukaan rekening dan melengkapi data yang dibutuhkan.
Agen SalaMuamalat akan melakukan verifikasi awal lewat panggilan video melalui Muamalat DIN. Setelah data dinyatakan lengkap dan terverifikasi, nasabah akan diarahkan untuk mengunjungi kantor cabang Bank Muamalat sesuai pilihan nasabah sebelumnya atau meminta dikunjungi oleh petugas bank untuk aktivasi rekening.
Dengan demikian nasabah dapat bertransaksi sepenuhnya dan dilakukan penyerahan buku tabungan serta kartu ATM.
Aplikasi Muamalat DIN sendiri pertama kali diluncurkan pada 14 November 2019 lalu. Dibandingkan dengan versi mobile banking sebelumnya, Muamalat DIN diperkaya dengan penambahan fitur yang berguna untuk memantau rekening nasabah.
Rekening yang akan ditampilkan pada Muamalat DIN adalah seluruh rekening yang dimiliki oleh nasabah yang disebut dengan single portfolio view.
Selanjutnya: Bos BNI: Bila tak lakukan penguatan modal, rating BBNI bisa turun
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News