kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,47   7,12   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BNI dan Bank Mandiri terbuka beri kredit ke guru


Selasa, 24 November 2020 / 23:07 WIB
BNI dan Bank Mandiri terbuka beri kredit ke guru


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Peringatan Hari Guru Nasional yang bertepatan pada 25 November 2020 adalah momen yang tepat untuk melihat dukungan yang diberikan oleh sektor usaha kepada guru atau tenaga pengajar di Indonesia.

Di sektor perbankan, ada sejumlah bank yang tetap mendukung para guru. Caranya, bank terbuka untuk pemberian fasilitas kredit kepada para tenaga pengajar tersebut.

PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) misalnya, tetap terbuka memberikan dukungan kredit terhadap guru. Namun, itu hanya diberikan bagi mereka yang memiliki status pegawai tetap.

Corina Leyla Karnalies, Direktur Konsumer BNI mengatakan, kredit kepada guru diberikan lewat Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) atau BNI Griya.  “Pemberian kredit griya dipersyaratkan bagi mereka tang berstatus pegawai tetap,” katanya pada Kontan.co.id, Selasa (24/11).

Selain KPR, lanjut Corina, BNI juga dapat memberikan kredit tanpa agunan (KTA) pada setiap tenaga pengajar, sepanjang gajinya disalurkan melalui BNI dan gajinya diterima rutin setiap bulan. Bagi Guru yang telah diangkat sebagai CPNS, BNI dapat memberikan KTA dengan suku bunga khusus.

Corina mengungkapkan, penyaluran kredit konsumer BNI baik KPR maupun KTA hingga kuartal III 2020 untuk tenaga pendidik (guru/dosen) sudah mencapai Rp 1,3 triliuan

Baca Juga: Bank beri dukungan ke guru lewat fasilitas KPR dan kredit multiguna

PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) juga mengaku belum punya program pembiayaan khusus bagi guru honorer.

Namun, guru honorer ini bisa mengakses  pinjaman produktif berskema Kredit Usaha Rakyat (KUR) atau Kredit Usaha Mikro (KUM) atau bahkan produk kredit untuk segmen SME (UKM) Bank Mandiri jika punya usaha sampingan.

Sedangkan untuk guru PNS bisa mengakses KPR di Bank Mandiri. Pasalnya, bank pelat merah ini sudah punya program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) khusus untuk PNS dan TNI.

“Secara mekanisme, proses pengajuan oleh guru berstatus PNS sama dengan karyawan PNS lainnya, adapun untuk dokumen yang diperlukan antar lain SK Pengangkatan, dokumen income, dokumen agunan (sertifikat dan IMB),” jelas Rudi Aturridha, Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri.

Bank Mandiri tidak memiliki data portofolio penyaluran kredit untuk profesi guru PNS. Tetapi  KPR untuk PNS dan TNI/Polri  yang disalurkan Bank Mandiri dari Januari-Oktober 2020 sudah mencapai Rp 44 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×