kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45882,93   -5,57   -0.63%
  • EMAS933.000 -0,43%
  • RD.SAHAM -0.64%
  • RD.CAMPURAN -0.17%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

BNI Dukung Earth Hour 2021 bersama Greenpreneur Local Heroes


Sabtu, 27 Maret 2021 / 14:24 WIB
BNI Dukung Earth Hour 2021 bersama Greenpreneur Local Heroes
ILUSTRASI. Kontan - BNI Kilas Finansial Online

Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI turut aktif dalam mengkampanyekan kepedulian terhadap lingkungan melalui beragam aktivitas menarik, salah satunya adalah dengan mendukung gerakan Earth Hour sejak tahun 2010. Pada tahun ini, dukungan perseroan terhadap bumi dielaborasikan dalam rangkaian aktivitas yang dimulai pada 27 Maret 2021. 

Rangkaian kegiatan tersebut antara lain adalah Program BNI GO Green, dimana perseroan bersama Rumah BUMN BNI mengadakan GREENPRENEUR LOCAL HEROES yaitu Webinar Belajar Bisnis Kreatif Dari Daur Ulang Limbah pada 24 Maret 2021. Kemudian melalui IG LIVE, perseroan juga menggelar  Virtual Tour Belajar Membuat Sustainable Fashion Natural Day pada 25 Maret 2021 yang juga dilaksanakan secara daring.

Rangkaian aktivitas ini diikuti oleh UKM dari Rumah BUMN BNI dari berbagai kota di Indonesia. Dalam kelas Webinar Belajar Bisnis Kreatif Dari Daur Ulang Limbah hadir 3 sosok pelaku usaha inspiratif yang berhasil mengubah sampah menjadi produk kreatif bernilai ekonomi tinggi. 

Mereka adalah Pertama, Elsana Bekti Nugroho, Founder dari Arane Batik Ecoprint. Brand lokal asal Yogyakarta yang menggunakan berbagai macam jenis daun sebagai produk fashion ready to wear yang diproduksi dengan cara eco printing dan ramah lingkungan. Kreativitas & terobosannya dalam membuat pakaian ramah lingkungan ini berhasil mendapatkan penghargaan dari 14 Kementerian RI dalam ajang Anugerah Bangga Buatan Indonesia untuk kategori produk fashion pada tahun 2020.

Kedua, Suhardi Widayanto, Founder dari Kalani Wood, Brand lokal yang berhasil merubah limbah kayu skateboard menjadi produk kacamata dan jam tangan cantik yang disukai market Indonesia hingga mancanegara. Inovasi dan kreativitasnya ia pelajari secara otodidak melalui youtube.

Ketiga, Nurlailatul Aqifah, Founder dari Nur Fashion Art, yang tidak lain adalah seorang ibu rumah tangga asal Tegal yang berhasil mengubah sampah plastik menjadi produk-produk kreatif seperti tas, sepatu hingga baju pengantin dan berhasil memberikan dampak ekonomi bagi ibu-ibu melalui pemberdayaan masyarakat dalam mengelola sampah rumah tangga.

Corporate Secretary BNI Mucharom mengatakan, “Melalui kegiatan Kelas Online GREENPRENEUR LOCAL   HEROES ini, BNI berharap akan dapat menggerakkan lebih banyak lagi UKM dan entrepreneur yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan bisnis berkelanjutan sesuai dengan Triple Bottom Line yakni People, Planet & Profit ”.

 

*Virtual Spotlight*

Adapun dalam rangka menyambut Earth Hour 2021 yang tahun ini bertema Virtual Spotlight, BNI akan ikut serta dalam aktivitas mematikan lampu di Gedung – gedung BNI, baik di Kantor Pusat maupun Cabang di setiap wilayah. BNI juga akan mengkampanyekan gerakan mematikan lampu secara bersamaan selama satu jam kepada seluruh karyawan. Aktivitas mematikan lampu ini juga akan berlangsung di Rumah BUMN BNI di 36 kota di Indonesia serta UKM yang tergabung didalamnya. 

Pemadaman lampu selama 1 tahun ini tercatat memberikan manfaat riil pada penghematan listrik. Sebagai contoh, pada pelaksanaan Earth Hour tahun 2019, BNI berhasil menghemat listrik sebesar 11.392 megawatthour (MWh), meningkat dibandingkan jumlah penghematan listrik pada pelaksanaan Earth Hour tahun 2018 yang mencapai 8.001 MWh. Setiap tahunnya, BNI juga memadamkan lampu di kantor – kantor cabang luar negerinya secara bersamaan. 

 

*Sustainable Fashion*

Menguatkan program Earth Hour di Bulan Maret, pada bulan April 2021, BNI akan mendukung Earth Day atau Hari Bumi yaitu kampanye Internasional  termasuk di antaranya melindungi keanekaragaman hayati, menaikkan zona hijau, membantu manajemen sampah, bergerak untuk zero waste, melindungi Sumber Daya Alam yang berharga dll, BNI akan mengenalkan UMKM yang khusus bergerak dalam Sustainable Fashion melalui video digital campaign di berbagai akun official di BNI. Bersama BNI, UKM tersebut mampu menciptakan terobosan produk fashion yang ramah lingkungan  dari bahan baku dan proses pembuatannya.

Program Rumah BUMN merupakan inisiasi Kementerian BUMN RI, saat ini BNI membina 36 Rumah BUMN di berbagai kota kabupaten di Indonesia melalui program-program pelatihan, pendampingan, dan pembiayaan serta akses promosi dan pemasaran melalui BNI UKM Unggulan ( Bunga Nusantara ). BNI juga mendukung UMKM Naik Kelas dan Go Global melalui pameran produk UMKM di tingkat nasional & internasional.

Program BNI Go Green merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility BNI dalam meningkatkan kepedulian dan tanggungjawab terhadap lingkungan melalui pendekatan 4 mata angina keberlanjutan (compass of sustainability) yang di implementasikan ke unit bisnis & supporting sebagai acuan dalam menghasilkan produk dan layanan perbankan yang ramah lingkungan.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag


TERBARU

[X]
×