kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BPD Kaltimtara Kerjasama dengan Bina Karya untuk Pembiayaan Pembangunan IKN


Rabu, 23 Agustus 2023 / 13:50 WIB
BPD Kaltimtara Kerjasama dengan Bina Karya untuk Pembiayaan Pembangunan IKN
ILUSTRASI. BPD Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (BPD Kaltimtara) melakukan kerjasama dengan PT Bina Karya untuk pembiayaan pelaksanaan, pembangunan, dan pengembangan wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN).


Reporter: Maria Gelvina Maysha | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (BPD Kaltimtara) melakukan kerjasama dengan PT Bina Karya untuk pembiayaan pelaksanaan, pembangunan, dan pengembangan wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kerjasama tersebut tertuang dalam penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) yang diteken, Selasa (22/8).

Dengan penandatanganan tersebut, Direktur Utama BPD Kaltim Kaltara Muhammad Yamin berharap dapat mengimplementasikan kerjasama dalam bentuk proyek-proyek pengembangan IKN.

“Kami menyambut baik pelaksanaan penandatanganan MoU ini dengan harapan bukan hanya penandatanganan, tapi segera kita implementasikan dalam bentuk proyek-proyek dalam rangka pengembangan IKN,” ujar Yamin dalam keterangan tertulis, Rabu (23/8).

Baca Juga: OIKN Berharap Revisi UU IKN Bisa Disahkan pada Tahun Ini

Sementara, Direktur Utama Bina Karya Boyke P. Soebroto mengatakan ada potensi-potensi kerja sama yang dapat dilakukan antara kedua belah pihak.

"Melalui kerjasama itu, BPD Kaltimtara bisa masuk di dua angle. Pertama, direct lending kepada kita (PT Bina Karya) sebagai project owner atau pada sub-contractor,” kata Boyke.

Kedua, Boyke menyebutkan, BPD Kaltimtara dapat turut memberi masukan, terutama dalam hal mencari talenta-talenta lokal. Sebab, ke depannya Bina Karya akan memiliki anak perusahaan sebagai pengelola kebutuhan dasar di Nusantara.

Sehingga, pelibatan talenta lokal menjadi hal yang diperhatikan untuk pengembangan perusahan lokal ke depan.

“Bina Karya akan menjadi sebuah investment holding, perusahaan yang tidak operating. Jadi kami akan punya banyak anak perusahaan di sana, misalnya untuk mengelola listrik, telekomunikasi, air, hingga pengelolaan sampah,” kata Boyke.

Adapun, penandatanganan MoU ini sekaligus merupakan kerja sama antara Bina Karya dengan lembaga keuangan bank untuk pertama kalinya.

Baca Juga: Dijadikan Program Prioritas, Pembangunan IKN Bisa Bebani APBN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×