kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,10   -7,25   -0.78%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BPJS Ketenagakerjaan Menggandeng Pegadaian Untuk Perluas Layanan Peserta


Rabu, 08 Februari 2023 / 14:12 WIB
BPJS Ketenagakerjaan Menggandeng Pegadaian Untuk Perluas Layanan Peserta
ILUSTRASI. Outlet Pegadaian bisa menjadi tempat bagi masyarakat untuk mendaftarkan diri sebagai peserta baru atau membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan.


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. BPJS Ketenagakerjaan bersama Pegadaian melakukan kerja sama untuk mempermudah masyarakat mendapatkan layanan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Outlet Pegadaian bisa menjadi tempat bagi masyarakat untuk mendaftarkan diri sebagai peserta baru atau membayar iuran Jaminan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, dan Jaminan Pensiun.

Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Zainudin menjelaskan kerja sama ini akan membantu pihaknya dalam percepatan perlindungan pekerja Indonesia. Saat ini BPJS Ketenagakerjaan fokus untuk melindungi segmen pekerja informal atau bukan penerima upah.

Baca Juga: Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan, Aturan Pencairan & Cara Klaim

Menurut Zainudin, adanya outlet Pegadaian Konvensional maupun Syariah yang tersebar di seluruh kota dan kabupaten hingga ke desa-desa akan mempermudah pekerja Indonesia yang belum terlindungi dan hendak melakukan pendaftaran dan pembayaran iurannya. 

Dia menambahkan, hingga saat ini jumlah pekerja aktif yang terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan berjumlah 36 juta pekerja. BPJS Jamsostek menargetkan jumlah peserta mencapai 70 juta pekerja pada tahun 2026.

“Upaya-upaya untuk mempermudah pekerja dalam mendaftarkan dirinya akan terus kami kerjakan, kami harap ini akan dimanfaatkan oleh seluruh pekerja,” kata Zainudin dalam siaran pers, Rabu (8/2).

Baca Juga: Kelola Investasi di 2023, BPJS Ketenagakerjaan Bakal Rajin Beli Obligasi

Direktur Jaringan, Operasi dan Penjualan PT Pegadaian Eka Pebriansyah menambahkan kerja sama ini juga membuat layanan di Pegadaian semakin lengkap. Pegadaian akan menawarkan pemasaran bundling terkait kerja sama ini.

“Kerja sama pemasaran berupa bundling produk Pegadaian dengan layanan perlindungan Jamsostek akan memberikan nilai tambah bagi nasabah yang menggunakan produk dan layanan tersebut,” ujar Eka.

Dalam hal ini, kegiatan promosi dilakukan dengan melayani Pembiayaan Krasida (Gadai Emas), dimulai uang pinjaman Rp 1 juta tenor minimal 6 bulan, akan mendapatkan gratis perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan selama tiga bulan sebesar Rp 53.900 (sudah termasuk biaya admin pendaftaran). 

Ada pula Pembiayaan Mulia (Cicilan Logam Mulia) dengan denominasi`10 gram tenor 12 bulan mendapatkan free perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan selama 6 bulan sebesar Rp 104.300 (sudah termasuk biaya admin pendaftaran) dan Pembiayaan Mulia (Cicilan Mulia) denominasi minimal 1 gram mendapatkan free biaya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan selama satu bulan sebesar Rp 20.300 (sudah termasuk biaya admin pendaftaran). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×