kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45862,44   -0,26   -0.03%
  • EMAS918.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

BRI Agro gandeng Koinworks dalam penyaluran kredit melalui digital platform


Senin, 21 Juni 2021 / 15:57 WIB
BRI Agro gandeng Koinworks dalam penyaluran kredit melalui digital platform
ILUSTRASI. Jajaran direksi PT Bank BRI Agro Tbk

Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam rangka menunjang pertumbuhan ekosistem digital sektor keuangan dan perbankan, BRI Agro menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan salah satu aplikasi teknologi finansial yang sedang berkembang di Indonesia yaitu KoinWorks atawa PT Lunaria Annua Teknologi pada Jumat (18/6).

Kolaborasi antara BRI Agro dengan KoinWorks menjadi salah satu strategi BRI Agro sebagai House Of Fintech and Home of Gig Economy untuk memperluas akses permodalan, khususnya kepada masyarakat dari berbagai sektor bisnis.

“Tujuan kami sebagai House of Fintech and Home for Gig Economy karena kami ingin melayani pekerja sektor informal atau yang disebut Gig Economy Workers termasuk UMKM. Caranya adalah kolaborasi dengan Fintech untuk dapat menghasilkan data yang akurat untuk digital lending,” kata Sigit Murtiyoso, Direktur Retail Agri & Pendanaan BRI Agro dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Senin (21/6).

Lebih lanjut Sigit menjelaskan, kerjasama dengan fintech lending ini jadi langkah awal bagi BRI Agro untuk menjadi House Of Fintech. Karena saat ini fintech dan perbankan dapat saling berkolaborasi dalam membantu pertumbuhan ekonomi nasional. 

Kerjasama yang telah dilakukan BRI Agro selama ini dengan beberapa fintech yang ada di Indonesia juga sudah menunjukkan hasil yang positif.

Baca Juga: Kembangkan ekosistem digital pertanian, BRI Agro jalin kemitraan

“Hingga Mei 2021 kami telah menyalurkan sebesar Rp 348 miliar melalui platform digital. Untuk itu BRI Agro terus memperluas jangkauan kerja sama termasuk dengan KoinWorks. Kami memilih fintech untuk mengembangkan bisnis untuk menjadi digital attacker sesuai dengan aspirasi BRI Group,” jelas dia. 

CEO KoinWorks Benedicto Haryono menambahkan, pihaknya menyambut inisiatif BRI Agro dengan full support karena sesuai dengan misi kami yaitu memberikan demokrasi layanan keuangan kepada semua lapisan masyarakat.

"Bersama-sama kami membuka peluang yang lebih besar kepada pelaku Gig Economy, karena kami sudah membantu ratusan ribu Gig Economy yang bangkit dan berkembang 300%-400% dengan akses finansial yang tepat. Maka dari itu kami mengajak masyarakat Gig Economy untuk bisa ikut berpartisipasi bersama dengan KoinWorks dan BRI Agro," ujar dia.

Melalui penandatanganan ini, BRI Agro akan menyalurkan kredit melalui KoinWorkd dengan perannya sebagai pendana. 

BRI Agro juga sangat optimistis, kerjasama dengan KoinWorks akan memberikan kontribusi bagi para masyarakat serta para pelaku Gig Economy. Karena pelaku Gig Economy ini adalah salah satu pilar pertumbuhan pemulihan ekonomi di Indonesia. 

Selain itu juga Gig Economy workers adalah perwujudan UMKM baru yang penyaluran kreditnya dilakukan secara digital berbasis data.

“KoinWorks sudah berkecimpung di dunia Digital UKM sejak 2016, ini adalah DNA kami. Track record kami yang sangat baik dengan tingkat gagal bayar yang rendah (NPL kurang dari 1,5%) untuk layanan Pinjaman Bisnis tanpa Agunan, KoinBisnis yang diperkuat Credit Assessment Machine Learning berbasis Real Data Integration bekerjasama dengan berbagai platform di Indonesia," tambah Benedicto.

Kolaborasi ini merupakan akselerasi transformasi digital dan dukungan BRI Agro sebagai institusi perbankan terhadap ekosistem digital. 

 

Selanjutnya: Bank digital di Indonesia tidak perlu lisensi khusus

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×