kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BRI kucurkan Rp 281 miliar pada Pelindo IV


Kamis, 30 Agustus 2012 / 21:04 WIB
BRI kucurkan Rp 281 miliar pada Pelindo IV


Reporter: Anna Suci Perwitasari | Editor: Djumyati P.

JAKARTA. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) mengucurkan dana sebesar Rp 281 miliar kepada PT Pelindo IV (Persero) untuk pendanaan atas investasi perusahaan di tahun 2012. Pendanaan dengan jangka waktu lima tahun tersebut secara spesifik dipergunakan untuk revitalisasi dan replacement fasilitas pelabuhan antara lain pembangunan fasilitas pelabuhan, penambahan armada kapal serta peralatan cargo handling.

Dalam rilis yang diterima Kontan, Kamis (30/8) disebutkan jika penandatanganan perjanjian tersebut dilakukan oleh PT Pelindo IV yang diwakili oleh Direktur Utama Harry Sutanto dan BRI yang diwakili oleh Direktur Bisnis Kelembagaan dan BUMN, Asmawi Syam.

Dalam penandatanganan perjanjian yang dilakukan pada hari ini, Asmawi Syam menyampaikan bahwa kucuran kredit kepada Pelindo IV ini merupakan salah satu wujud dukungan Bank BRI dalam rangka mendukung percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia (MP3EI). Secara khusus, pemberian fasilitas pendanaan ini diharapkan Bank BRI dapat ikut serta dalam menyukseskan visi dan misi Pelindo IV untuk menjadi penyedia jasa kepelabuhanan dan logistik yang berstandar internasional serta menjamin kesinambungan sistem transportasi nasional.

Wujud komitmen BRI dalam mendukung program MP3EI tersebut adalah dengan memberikan pendanaan bagi proyek-proyek infrastruktur darat, laut dan udara seperti pendanaan kepada PLN untuk Fast Track 10.000 MW, Pembangunan Jalan Tol, Pengembangan dan Pemeliharaan Jaringan Telekomunikasi. Di samping itu BRI juga siap membiayai program PDAM berupa pembangunan 10 juta sambungan rumah, pembangunan kereta bandara serta Pembangunan dan Pengelolaan Bandar Udara. Total komitmen BRI sampai dengan semester I tahun 2012 mencapai 30 triliun.

Dukungan Bank BRI kepada Pelindo IV tidak hanya dalam hal pembiayaan saja, namun juga terwujud dalam pemberian layanan jasa perbankan lainnya seperti sistem Pelindo telah terhubung secara online melalui host to host sistem sejak tahun 2010. Sistem tersebut digunakan untuk kemudahan penerimaan transaksi layanan pelabuhan, baik di seluruh unit kerja BRI maupun di e-channel BRI yang tersebar di lebih dari 11.111 unit ATM, 36.664 EDC, dan lebih dari 8.700 Uker BRI. Diharapkan di waktu mendatang BRI dapat menggantikan fungsi kasir Pelindo dalam menerima seluruh transaksi layanan pelabuhan. Sistem sengaja dikembangkan secara customize sehingga dapat diimplementasikan pada sistem pelabuhan lainnya seperti pelabuhan Indonesia I, II maupun III.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×