kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BRI Salurkan Kredit Korporasi Rp 184,35 Triliun Per Mei 2022


Jumat, 24 Juni 2022 / 17:30 WIB
BRI Salurkan Kredit Korporasi Rp 184,35 Triliun Per Mei 2022
ILUSTRASI. Antrean nasabah di kantor cabang Bank BRI./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/.


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski bukan fokus utama, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) tetap menyalurkan kredit ke segmen korporasi. Maklum, bank bersandi saham BBRI ini memiliki penugasan dan spesialisasi menyalurkan kredit ke pelaku UMKM.

Kendati demikian, BRI mampu mencatatkan pertumbuhan kredit korporasi 4% year on year (yoy) mencapai sebesar Rp 184,35 triliun per Mei 2022. 

Sekretaris Perusahaan BRI Aestika Oryza Gunarto melihat prospek pembiayaan segmen korporasi masih cukup besar seiring dengan pemulihan kondisi ekonomi dari dampak pandemi Covid-19. 

“Serta dukungan penyelesaian proyek strategis nasional. Strategi BRI dalam mendorong pertumbuhan segmen korporasi ini adalah dengan selective pipeline. Meskipun volume kredit korporasi didorong tetap tumbuh, namun pertumbuhannya tidak akan setinggi kredit UMKM,” jelasnya kepada Kontan.co.id belum lama ini. 

Baca Juga: BI Sebut Penyaluran Kredit Bank Tahun Ini Bisa Tumbuh Lebih dari 8%

Oleh sebab itu, pada 2025, BRI memiliki visi porsi komposisi kredit UMKM mencapai hingga 85%, sementara porsi kredit korporasi akan dijaga maksimal berada di kisaran 15% dari total kredit yang disalurkan BRI.

“Terdapat beberapa strategi utama dalam pengembangan bisnis korporasi BRI, yakni pertumbuhan selektif dan meningkatkan kualitas aset dengan mengutamakan sektor sektor yang memiliki resiliensi tinggi dari pandemi seperti agribisnis. Juga menyasar sektor yang berdampak atau memicu pertumbuhan ekonomi seperti infrastruktur, manufaktur dan kelistrikan,” paparnya. 

Selain itu, dari segmen korporasi, BRI mendorong transaksi guna mengoptimalkan pendapatan berbasis komisi atau fee based income beserta dana murah (CASA). Juga mengoptimalkan korporasi yang memiliki rantai pasok atau trickle down business yang dapat mendorong segmen UMKM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×