kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,11   -0,53   -0.06%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BRI targetkan 500.000 agen BRILink di akhir tahun 2018


Senin, 12 Februari 2018 / 18:54 WIB
BRI targetkan 500.000 agen BRILink di akhir tahun 2018
ILUSTRASI. BRILink Mobile


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) gencar mendorong pertumbuhan agen BRILink. Agen BRILink merupakan perluasan layanan BRI dengan menjalin kerja sama dengan nasabah sebagai agen bank yang dapat melayani kebutuhan keuangan bagi masyarakat secara real time online. Selain sebagai upaya memperkuat pertumbuhan bisnis keagenan, strategi ini merupakan komitmen perseroan untuk menyukseskan program keuangan inklusif yang digagas pemerintah.

Hingga akhir tahun 2017, tercatat Bank BRI memiliki sebanyak 279.750 agen BRILink, dari jumlah tersebut, sebanyak 78% diantaranya berada di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera.

Jumlah ini meningkat drastis apabila dibandingkan dengan jumlah agen BRILink di akhir tahun 2016 sebanyak 84.550 orang. “Kami optimistis bahwa agen BRILink akan menjadi salah satu penopang kinerja perusahaan ke depan, dan kami menargetkan memiliki 500.000 agen hingga akhir tahun 2018,” ujar Corporate Secretary Bank BRI Bambang Tribaroto dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Senin (12/2).

Kenaikan jumlah agen tersebut nyatanya mampu mendorong peningkatan jumlah dan volume transaksi secara signifikan. Sepanjang tahun 2017, tercatat agen BRILink mampu mencatatkan 202,1 juta transaksi finansial atau tumbuh 105,4% year on year (yoy) dengan total volume transaksi senilai Rp 298 Triliun atau tumbuh 114,2% yoy.

“Agen BRILink juga memiliki kontribusi dalam menghimpun simpanan dari masyarakat utamanya dana murah (CASA). Tercatat CASA senilai Rp.3,9 Triliun mampu dihimpun oleh agen BRILink di seluruh Indonesia hingga akhir tahun 2017,” imbuh Bambang.

Lebih lanjut, bank nomor wahid di Indonesia ini mengatakan agen BRILink menjadi salah satu strategi Bank BRI dalam upaya meningkatkan efisiensi. Dengan fokus pada pengembangan bisnis agen BRILink, Bank BRI meningkatkan market penetration untuk menjangkau nasabah maupun calon nasabah lebih luas tanpa harus membuka kantor cabang konvensional, dan ini tentunya merupakan efisiensi yang signifikan bagi perusahaan.

Melalui agen BRILink, nasabah BRI maupun masyarakat umum lainnya bisa mendapatkan pelayanan sama baiknya seperti yang didapatkan di kantor cabang BRI. Masyarakat dapat melakukan setoran tabungan, penarikan secara tunai serta melakukan transaksi transfer atau pembayaran melalui agen.

Agen BRILink juga berfungsi sebagai referal TabunganKu, referal pinjaman mikro serta menjual Asuransi Mikro-KKM. Dengan semakin masifnya perkembangan agen BRILink, Bank BRI menunjukkan peran untuk mendekatkan akses keuangan kepada seluruh golongan masyarakat sehingga meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×