kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BSI Salurkan Pembiayaan ke Segmen UMKM Senilai Rp 38,3 Triliun Sepanjang 2021


Rabu, 19 Januari 2022 / 16:59 WIB
BSI Salurkan Pembiayaan ke Segmen UMKM Senilai Rp 38,3 Triliun Sepanjang 2021
Menteru BUMN, Menteri Koperasi dan UKM, serta Direktur Utama Bank Syariah Indonesia saat peluncuran?kompetisi Talenta Wirausaha BSI.


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Syariah Indonesia Tbk terus meningkatkan penyaluran pembiayaan kepada segmen UMKM. Sepanjang 2021, BSI telah menyalurkan pembiayaan untuk segmen UMKM mencapai Rp38,3 triliun.

Nilai tersebut berkontribusi sekitar 23% dari total penyaluran pembiayaan BSI di tahun lalu. BSI mengklaim, pembiayaan ke sektor UMKM ini memiliki kualitas yang terjaga.

Guna meningkatkan pembiayaan ke UMKM, BSI mengelar kompetisi Talenta Wirausaha BSI. Program ini merupakan program inkubator bagi para wirausaha muda untuk membangun dan meningkatkan kapasitas usahanya (scale up) sehingga mampu bertahan dan bersaing dengan beragam bisnis yang sudah mapan.

Talenta Wirausaha BSI menyasar milenial dengan target 5.000 peserta dari 26 wilayah terpilih di Indonesia, dengan empat tahapan kegiatan utama yaitu on boarding berupa talkshow di berbagai kota tentang talenta kewirausahaan di kalangan generasi muda, workshop pelatihan.

Baca Juga: Resmi! Subsidi Bunga KUR sebesar 3% Berlanjut pada 2022

Juga pendampingan bersama mentor expert tentang pengembangan produk, pemasaran dan akses pembiayaan, awarding yaitu acara puncak penjurian dan penganugerahan kepada talenta wirausaha muda terbaik Indonesia, dan partnership berupa kesempatan bagi wirausaha muda untuk bermitra dengan Bank Syariah Indonesia.

Terdapat tiga kategori UMKM terpilih yakni UMKM pemula, UMKM rintisan dan UMKM berdaya. Sehingga masing-masing segmen UMKM dapat bersaing sesuai dengan peers dan tingkat kapasitas usahanya.

Direktur Utama BSI, Hery Gunardi bilang program Talenta Wirausaha BSI menjadi wujud keseriusan perseroan untuk membangun dan meningkatkan kapasitas UMKM yang berkelanjutan. Sehingga  memiliki kapabilitas dan kualitas yang mampu bersaing di pasar lokal dan global.

"Para pelaku usaha dapat memperoleh kesempatan pendanaan dengan sistem syariah sehingga UMKM dapat mengambil peran sebagai segmen yang berkontribusi membangun perekonomian nasional,” ujar Hery secara virtual pada Rabu (19/1).




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×