Reporter: Nur Qolbi | Editor: Azis Husaini
KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Bank Syariah Mandiri (BSM) meluncurkan chatbot bernama Aisyah, singkatan dari Asisten Interaktif Mandiri Syariah pada Senin (26/11). BSM merupakan bank syariah pertama di Indonesia yang memiliki layanan percakapan intelektual berbasis teknologi machine learning.
Melalui Aisyah, nasabah BSM dapat mengakses layanan informasi berupa informasi umum, produk dan layanan, acara dan promosi, serta cabang bank dan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) terdekat. Nasabah dapat mengakses Aisyah melalui Facebook Messenger, Telegram, dan live chat di situs resmi BSM.
Direktur Teknologi dan Operasi BSM Achmad Syafii mengatakan, layanan ini dibuat agar nasabah semakin merasa mudah dan nyaman, sebab, melalui Aisyah nasabah dapat berinteraksi kapanpun dan di manapun dengan gawai mereka untuk mengakses informasi BSM.
Selain itu, menurut dia, peluncuran Aisyah juga sebagai tolak awal bagi BSM untuk menggarap segmen digital serta bentuk ekspansi ke nasabah generasi millennial. Achmad mengatakan, nasabah BSM yang termasuk generasi millennial baru mencapai 23%.
Menurut dia, BSM menyadari bahwa bagi generasi millennial, teknologi menjadi hal yang utama. “Millennial mungkin akan sangat jarang berkunjung ke cabang bank. Mereka akan menggunakan gawai mereka untuk mengakses layanan perbankan,” kata Achmad di Jakarta, Senin (26/11).
Ke depannya, BSM mengaku akan memperluas layanan Aisyah melalui saluran-saluran media sosial yang disesuaikan dengan tingkat kepopulerannya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News