Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) terus mengoptimalkan layanan digital lewat superapp Bale untuk memacu transaksi nasabah. Solusi digital juga menjadi alat bank pelat merah ini untuk turut mendorong iklusi keuangan di Tanah Air.
Hingga akhir kuartal I-2025, jumlah pengguna superapp Bale sudah mencapai 2,4 juta dengan nilai transaksi yang mencapai Rp 22,3 triliun. “BTN optimis pada akhir tahun 2025 dapat mencapai target jumlah pengguna Bale di kisaran 3,6 juta hingga 4 juta,” ungkap SEVP Digital Business BTN Thomas Wahyudi dalam keterangannya, Kamis (22/5).
Untuk meningkatkan inklusi keuangan, BTN secara konsisten membuka akses perbankan dan keuangan kepada semua orang melalui inovasi digital. Terbaru, bank ini menyediakan layanan donasi digital di masjid seluruh Indonesia melalui sistem QRIS dan mengajak para pengurus masjid untuk menikmati manfaat bertransaksi digital melalui Bale.
Hal ini diimplementasikan melalui penandatanganan MOU antara Dewan Masjid Indonesia pada 17 Mei 2025 lalu. Thomas mengatakan bahwa BTN sepakat bekerja sama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) untuk memberdayakan umat serta pengurus masjid melalui penandatanganan kerja sama.
Baca Juga: BTN Targetkan Proses Spin Off BTN Syariah Rampung Pada Oktober 2025
Ia bilang, kerja sama ini merupakan wujud komitmen BTN menghadirkan solusi keuangan yang inklusif dan membuka kesempatan bagi semua orang untuk memberdayakan diri dan keluarga mereka.
Dengan adanya kerja sama ini, para pengurus masjid dapat menikmati berbagai produk dan layanan perbankan yang tersedia di BTN, hanya dengan mengakses Bale. “Kami berharap pengelolaan keuangan pribadi para pengurus masjid, serta administrasi masjid yang mereka kelola menjadi lebih efisien dan tertata,” ujar Thomas.
Thomas menjelaskan, kerja sama dengan DMI meliputi sejumlah produk dan layanan. Pertama, umat yang beribadah di masjid dapat memberikan donasi (infaq/sedekah) secara digital melalui scan QRIS yang tersedia di kotak-kotak amal masjid. Layanan QRIS tersebut juga tersedia di aplikasi Bale by BTN.
Untuk memudahkan para pengurus masjid mengelola donasi tersebut, BTN membantu mereka membuka tabungan BTN melalui aplikasi Bale by BTN tanpa harus datang ke kantor cabang.
Baca Juga: Spin Off BTN Syariah Ditargetkan Selesai Pada Oktober 2025
BTN juga membantu pemberdayaan finansial para pengurus masjid dengan menawarkan program Agen BTN. Dengan menjadi nasabah BTN, pengurus masjid dapat menjadi agen BTN yang menyediakan berbagai layanan transaksi, seperti pembayaran tagihan KPR, listrik, telepon, pulsa, zakat, infaq serta sedekah.
Selain itu, sebagai bank yang memiliki keahlian di pembiayaan sektor perumahan, BTN turut menyediakan layanan pengajuan kredit pemilikan rumah (KPR) atau pembiayaan kepemilikan rumah dengan skema subsidi bagi para takmir masjid. Diharapkan, para pengurus masjid dapat memiliki rumah impian yang layak, aman, nyaman, dan terjangkau sesuai dengan segmen mereka yang termasuk segmen pekerja informal.
Pada kesempatan tersebut, Ketua DMI Jusuf Kalla mengatakan pentingnya masjid-masjid di Indonesia untuk memaksimalkan fungsi dan perannya dalam memajukan perekonomian umat. Dengan adanya kerja sama antara DMI dan BTN, masjid-masjid di Indonesia diharapkan dapat menjadi pusat pemberdayaan ekonomi bagi umat Islam.
Pada tahap pertama, BTN berharap sekitar 50.000 masjid per tahunnya dapat merasakan manfaat dari kerja sama digital dengan DMI.
Selanjutnya: Bertahan di Zona Hijau, IHSG Menguat 0,44% ke Level 7,173 pada Sesi I, Kamis (22/5)
Menarik Dibaca: Kue Cantik Rasa Fantastik! Resep Kue Nona Manis Ubi Ungu Lembut, 1 Telur Jadi Puluhan
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News