kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

BTN salurkan kredit Rp 20 miliar lewat BMT Ventura


Jumat, 13 Agustus 2010 / 11:19 WIB

BTN salurkan kredit Rp 20 miliar lewat BMT Ventura


JAKARTA. Berbagai strategi dilakukan perbankan untuk menggenjot ekspansi kredit. Salah satu caranya dengan menyalurkan kredit melalui program linkage ke lembaga pembiayaan syariah Baitul Malwa Tamwil (BMT).

Strategi ini ditempuh Bank Tabungan Negara. Melalui unit syariahnya, BTN menggandeng PT Permodalan BMT Ventura untuk memfasilitasi kredit modal kerja kepada anggota BMT di seluruh Indonesia. BTN menyiapkan pembiayaan sebesar Rp 20 miliar.

Direktur Housing and Commercial Banking BTN Purwadi menjelaskan, kerjasama ini untuk memperluas akses pembiayaan bagi industri kecil sekaligus mendukung penyaluran kredit BTN. Menurutnya, pembiayaan modal kerja diberikan dengan fasilitas akad mudharabah yang diberikan kepada masing-masing BMT maksimum sebesar Rp 1 miliar. "BMT Ventura akan menjadi koordinator dalam pendistribusian kredit modal kerja tersebut kepada masing-masing BMT yang terdaftar dalam BMT Center," ujarnya, Jumat (13/8).

BMT Ventura saat ini memiliki jaringan sebanyak 148 BMT. Dari jumlah BMT tersebut, total nasabah dan debitur mencapai 60.000. Direktur Utama PT Permodalan BMT Ventura Saat Suharto mengatakan linkage program diarahkan ke sekitar 5.000 debitur dengan rata-rata pembiayaan sebesar Rp 3 juta.


Reporter: Ruisa Khoiriyah
Editor: Edy Can
Video Pilihan


Close [X]
×