kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Bijak Gunakan Kartu Kredit


Minggu, 30 Mei 2021 / 19:32 WIB
Cara Bijak Gunakan Kartu Kredit
ILUSTRASI. Penggunaan kartu kredit harus dengan bijak dan menyisihkan dari pendapatan untuk investasi dengan instrument terbaik bunga deposito


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bagaikan pisau bermata dua, menggunakan kartu kredit bisa mendatangkan keuntungan maupun kerugian. Oleh karena itu, kita harus cerdas menggunakan kartu kredit dalam kehidupan sehari-hari.

Keunggulan utama kartu kredit adalah bisa memberikan penggunanya pinjaman secara instan kapanpun dibutuhkan. Bahkan, apabila pengeluaran tersebut nilainya lebih besar dibandingkan dengan dana yang tersimpan pada rekening penggunanya.

Pengguna kartu kredit bisa memanfaatkan fasilitas berupa promo yang banyak ditawarkan oleh bank penerbit kartu kredit. Promo biasanya berupa cashback atau potongan harga pada setiap transaksi di merchant ataupun toko yang bekerja sama dengan bank penerbit kartu.

Baca Juga: Ini Kesalahan Investasi yang Harus Dihindari Investor Pemula

Di tengah berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh kartu kredit, debitur atau pengguna kartu kredit juga perlu memiliki cara pandang yang tepat mengenai produk perbankan ini. Apabila penggunaannya tidak hati-hati, kartu kredit justru dapat menyulitkan penggunanya dengan berbagai kondisi.

Salah satu hal berbahaya yang tidak kita sadari saat memakai kartu kredit, yaitu menghabiskan limit. Biasanya limit kartu kredit akan disesuaikan dengan penghasilan kita. Ada juga besaran limit kartu kredit menyamai jumlah penghasilan kita. Oleh sebab itu, penggunaan kartu kredit hingga mencapai limit maksimal berpeluang menimbulkan masalah di kemudian hari.

Seringkali kita lupa memerhatikan batas akhir pembayaran kartu kredit, sehingga tagihan dibayarkan terlambat. Tanpa kita ketahui, keterlambatan tersebut dikenai denda. Oleh karena itu, Anda harus menyadari pentingnya memerhatikan tanggal jatuh tempo pembayaran kartu kredit.

Sebelum mengajukan pembuatan kartu kredit, seorang nasabah perlu memastikan tujuannya dalam menggunakan kartu kredit. Tujuan kepemilikan kartu kredit perlu disesuaikan dengan tujuan serta antisipasi konsumsi di masa mendatang.

Pastikan kemampuan Anda untuk bisa membayar cicilan, sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi. Jangan sampai Anda tidak memiliki uang yang cukup untuk membayar cicilan ini karena penghasilan telah digunakan untuk keperluan lain.

Selain menggunakan layanan kartu kredit perbankan, ada baiknya juga mengikuti layanan investasi dari perbankan seperti deposito. Bulan ini, PT Bank JTrust Indonesia Tbk. (J Trust Bank) pun ikut mengadakan program referralWin-Win-Win”, yang juga merupakan bagian dari program penempatan deposito "Tetap Semangat Melawan Corona" J Trust Bank.  Melalui program referral “Win-Win-Win”, J Trust Bank mendonasikan sebesar suku bunga tahunan 0,1% dari total dana deposito yang terhimpun dari masyarakat.

Dari program ini J Trust Bank telah menyerahkan bantuan penanganan Covid-19 kepada pemerintah provinsi dan rumah sakit di beberapa kota. Kegiatan ini juga didukung penuh oleh induk usaha J Trust Bank yang berpusat di Jepang, yaitu J Trust Group, penyedia jasa finansial komprehensif dengan pengalaman dan know-how yang luas di bisnis finansial di Jepang, Korea Selatan, Mongolia, dan Asia Tenggara.

Program yang telah berhasil pada tahun lalu tersebut dilanjutkan kembali pada 1 Mei 2021 hingga 31 Mei 2021. Lewat program ini, J Trust Bank memberikan peluang bagi nasabah untuk memperoleh tiga keuntungan sekaligus. Pertama, bunga deposito tinggi. Kedua, reward bagi referentor (pengenal) yang mereferensikan calon nasabah untuk membuka rekening produk deposito J Trust. Ketiga, cashback untuk nasabah yang membuka rekening deposito berdasarkan referensi referentor.

Adapun, salah satu syarat mengikuti program referral “Win-Win-Win” adalah nasabah eksisting maupun nasabah baru J Trust Bank. Jumlah deposito yang disetor minimum Rp10 juta (berlaku kelipatan) dan maksimum Rp1 triliun, dan tidak harus 1 bilyet/advice per nasabah/per CIF.

Jangka waktu deposito yang tersedia, yaitu 3 bulan dan 6 bulan. Suku bunga deposito yang didapat mencapai 5,25% per tahun. Setelah penempatan baru rekening deposito tersebut, deposan akan memperoleh cashback senilai 0,25% p.a dari nominal. Jika terdapat referentor yang mereferensikan deposan membuka rekening di J Trust Bank, referentor akan mendapatkan cashback senilai 0,25% p.a dari nominal.

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait program-program deposito J Trust Bank, silahkan kunjungi www.jtrustbank.co.id atau dapat menghubungi J Trust Call 1500 615.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×