kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Memilih Asuransi Jiwa Terbaik Sesuai Kebutuhan Anda


Senin, 03 Januari 2022 / 15:15 WIB
Cara Memilih Asuransi Jiwa Terbaik Sesuai Kebutuhan Anda
ILUSTRASI. Cara memilih asuransi jiwa terbaik perlu dipahami oleh calon nasabah asuransi jiwa. KONTAN/Carolus Agus Waluyo.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Cara memilih asuransi jiwa terbaik perlu dipahami oleh calon nasabah. Sebab, asuransi jiwa terbaik adalah asuransi jiwa yang disesuaikan dengan kebutuhan. 

Misalnya, asuransi jiwa yang diharapkan bisa menutupi kebutuhan hidup standar bagi ahli waris maupun untuk kepentingan tertentu seperti menjamin pendidikan anak saat tertanggung meninggal dunia. 

Berdasarkan prinsip asuransi jiwa, tertanggung yang meninggal dunia atau mengalami cacat tetap total akan mendapatkan pembayaran uang dari perusahaan asuransi jiwa. 

Namun, manfaat asuransi jiwa tersebut bisa didapatkan asalkan tertanggung membayarkan premi sesuai dengan kontrak dengan perusahaan asuransi.

Semakin besar premi yang dibayarkan, semakin besar pula uang tanggungan yang dapat dibayarkan oleh perusahaan asuransi jiwa.

Lantas, bagaimana cara memilih asuransi jiwa terbaik yang sesuai kebutuhan tertanggung? 

Baca Juga: Apa Itu Asuransi Jiwa? Ini Kelebihan dan Kekurangannya yang Perlu Diketahui

Cara memilih asuransi jiwa terbaik 

Dirangkum dari keterangan resmi Lifepal.co.id, ada beberapa poin penting ini bisa menjadi landasan bagaimana cara memilih asuransi jiwa yang benar dan tepat dengan kebutuhan Anda: 

  • Pertama, cara memilih asuransi jiwa adalah pastikan bahwa uang pertanggungan yang dipilih sudah tepat. Sesuaikan lagi asuransi jiwa yang dipilih dengan tujuannya.
  • Kedua, cara memilih asuransi jiwa adalah fokus pada proteksi bukan investasi. Pisahkan antara investasi dengan proteksi dan jangan digabungkan keduanya dalam satu produk asuransi jiwa. Upayakan untuk memaksimalkan proteksi saja jika ingin memilih asuransi jiwa.
  • Ketiga, cara memilih asuransi jiwa adalah lebih bijak jika asuransi jiwa dibeli ketika Anda memiliki tanggungan. Jika Anda belum memiliki tanggungan atau belum berkeluarga, Anda bisa mengalokasikan dananya untuk proteksi lain seperti memaksimalkan proteksi kesehatan atau investasi yang lebih menguntungkan.

Asuransi jiwa salah satu rencana darurat yang sangat dibutuhkan apabila terjadi risiko kematian terhadap pengemban tanggung jawab finansial dalam keluarga atau kelompok tertentu. 

Karena itu, jangan sampai salah dalam memilih asuransi jiwa dengan berbagai poin penting yang sudah dijelaskan.

Baca Juga: Jelang Tutup Tahun, OJK Sebut Sektor Jasa Keuangan Membaik




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×