kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45672,14   1,07   0.16%
  • EMAS916.000 -1,08%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.26%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Cardif SA menjajaki akuisisi saham minoritas BRI Life


Jumat, 15 Mei 2020 / 14:53 WIB
Cardif SA menjajaki akuisisi saham minoritas BRI Life
ILUSTRASI. Asuransi Jiwa Bringin Jiwa Sejahtera dikenal dengan nama BRI Life

Reporter: Rizki Caturini | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - PARIS. Lini bisnis asuransi BNP Paribas SA yakni Cardif SA sedang dalam pembicaraan untuk membeli saham minoritas yang signifikan PT Asuransi BRI Life. Menurut sumber seperti dikutip Bloomberg, (14/5), Cardif SA tengah mengajukan penawaran tertinggi untuk membeli saham minoritas perusahaan asuransi milik PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) ini.

Penawar lain yang tertarik termasuk FWD Group Ltd., yang didukung oleh miliarder Hong Kong Richard Li. BBRI telah menghidupkan kembali rencananya untuk menjual saham di unit asuransi jiwa sekitar US$ 500 juta pada awal tahun ini. Transaksi ini akan melibatkan kemitraan bancassurance, yang memungkinkan entitas asuransi untuk menjual produknya melalui cabang bank.

Kesepakatan dapat dicapai dalam beberapa minggu ke depan. Pembicaraan ini sedang berlangsung dan tetap ada potensi transaksi ini untuk batal. Perwakilan untuk Cardif dan FWD menolak berkomentar. Sementara seorang perwakilan untuk BBRI mengatakan bank masih mempelajari masalah ini secara internal.

Setidaknya ini merupakan upaya ketiga BBRI untuk menjual saham di perusahaan asuransi. BBRI mencoba untuk melepaskan 40% saham di BRI Life pada tahun 2015. Pada saat itu, FWD dan BNP Paribas Cardif bersaing untuk rencana tersebut. Pada tahun 2018, Morgan Stanley disewa untuk memberi nasihat tentang rencana penjualan yang sama namun tidak ada  kelanjutannya.

Cardif melaporkan laba bersih sebelum pajak di luar beberapa item sebesar €1,7 miliar euro (US$ 1,8 miliar) tahun lalu, naik 16% dari tahun sebelumnya. Adapun aset € 260 miliar pada akhir 2019 dengan operasional tersebar di Eropa, Asia dan Amerika Latin.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×