kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catatkan Pertumbuhan Positif, BSI Siap Menjadi Energi Baru Untuk Indonesia


Rabu, 02 Februari 2022 / 19:45 WIB
Catatkan Pertumbuhan Positif, BSI Siap Menjadi Energi Baru Untuk Indonesia


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID - Di usianya yang baru menginjak satu tahun, PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) telah berhasil mencatatkan kinerja positif. Perolehan laba bersih BSI mencapai Rp3,03 triliun atau naik 38,42% secara year on year (YoY).

Hery Gunardi, Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk., mengatakan, kinerja positif BSI itu didukung oleh pembiayaan yang tumbuh di semua segmen, yaitu konsumer, korporasi, UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah), gadai emas, hingga kartu pembiayaan. BSI juga mampu mengoptimalkan penghimpunan dana murah.

Hery mengatakan, total penyaluran pembiayaan BSI mencapai Rp171,29 triliun atau naik sekitar 9,32% secara YoY dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp156,70 triliun. Rinciannya, pembiayaan konsumer mencapai Rp82,33 triliun atau naik sekitar 19,99% secara YoY dari sebelumnya yang sebesar Rp68,61 triliun. Disusul pembiayaan gadai emas yang bertumbuh 12,92% secara YoY.

Sementara itu, pembiayaan mikro tumbuh 12,77% dan pembiayaan komersial tumbuh 6,86%. Dari sisi kualitas pembiayaan, BSI mencatatkan NPF Nett yang membaik menjadi 0,87% pada Desember 2021.

Terkait penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK), BSI terus meningkatkan pertumbuhan tabungan, khususnya tabungan Wadiah. Hingga Desember 2021, tabungan Wadiah tumbuh mencapai 15,30% secara YoY atau menjadi Rp34,10 triliun. Sementara untuk total tabungan mencapai Rp99,37 triliun atau bertumbuh 12,84% pada kurun waktu yang sama. Pertumbuhan tabungan tersebut berdampak pada membaiknya biaya dana atau cost of fund yang menjadi 2,03%. Persentase tersebut menurun dibandingkan dengan Desember 2020 yang sekitar 2,68%.

Kinerja apik BSI juga tak lepas dari transformasi digital yang dilakukan. Hingga Desember 2021, transaksi kumulatif BSI Mobile mencapai 124,54 juta transaksi atau tumbuh sekitar 169% secara YoY. 

“Akselerasi digital menjadi kunci kami untuk terus bergerak mengikuti perubahan perilaku nasabah yang serba dinamis, cepat, dan aman. Kami ingin mempertahankan dan terus menumbuhkan kinerja positif ini ke depan sehingga kami bisa menjadi tokoh utama dalam pengembangan ekonomi syariah di Tanah Air. Dengan hadirnya BSI, ekonomi syariah bukan sekadar alternatif, namun menjadi salah satu fondasi utama perekonomian Indonesia,” ujar Hery.

Kontribusi BSI

Selain dari sisi bisnis, BSI juga tak lupa untuk mendorong pertumbuhan sektor UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Hal itu ditunjukkan BSI dengan meningkatkan pembiayaan UMKM yang pada 2021 telah mencapai Rp39,4 triliun, atau sekitar 23,05% dari total penyaluran pembiayaan BSI.

Selain itu, BSI juga meluncurkan program inkubator bagi para wirausahawan muda bernama Talenta Wirausaha BSI. Program ini menargetkan 5.000 milenial dari 26 wilayah di Indonesia.

BSI pun memberikan bantuan dana untuk UMKM melalui payung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), seperti program subsidi margin, subsidi KUR Super Mikro, serta sinergi dengan berbagai kementerian dan BUMN yang memiliki UMKM binaan dengan kualitas baik.

“BSI juga mewujudkan komitmen nyata dalam mengembangkan pelaku UMKM melalui BSI UMKM Center. Harapannya dapat memfasilitasi UMKM di daerah untuk pemasaran, pelatihan bersama serta ajang co-working space dan berbagi informasi sesama pelaku UMKM sehingga pelaku UMKM yang merupakan tulang punggung ekonomi bangsa ini bisa kami bantu untuk terus meningkatkan skala usaha,” kata Hery.

Perayaan Ulang Tahun BSI

Di ulang tahunnya yang pertama pada 1 Februari 2022, Hery mengatakan bahwa BSI siap menjadi “Energi Baru untuk Indonesia”.

“BSI optimistis dapat memberikan warna baru untuk kemajuan perekonomian syariah dan kemajuan ekosistem halal di Indonesia, serta menjadikan BSI sebagai raksasa besar kebangkitan ekonomi syariah, dan Indonesia sebagai pusat dan gravitasi ekonomi syariah dunia pada 2024,” ujar Hery.

Untuk merayakan ulang tahunnya, BSI menghadirkan berbagai promo menarik, seperti kemudahan pengajuan pembiayaan BSI Oto dengan cashback hingga Rp1 juta dan biaya admin Rp1.

Di sektor properti, BSI Griya memberikan penawaran menarik angsuran tetap dan promo margin setara 1,11%, serta fasilitas menarik seperti bebas biaya provisi, appraisal, dan penalti.

Ada pula berbagai promo menarik dari kartu pembiayaan BSI Hasanah Card, seperti potongan harga hingga Rp1 juta, cashback hingga Rp500.000, dan program Buy 1 Get 1 Free. Untuk investasi emas, BSI Cicil Emas menawarkan margin spesial dan hadiah langsung emas mini. Bagi nasabah pembiayaan mikro, BSI membagikan Logam Mulia Antam seberat 1 gram kepada 111 nasabah yang melakukan pencairan tercepat pada Februari 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×