Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika Dewi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Transaksi digital PT Bank CIMB Niaga Tbk mengungguli transaksi di kantor cabang.
Direktur Bisnis Konsumer CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan saat ini transaksi digital lewat mobile dan internet banking tumbuh 35% secara tahunan atau year on year. Di di sisi lain, transaksi di kantor cabang cenderung menurun.
"Transaksi di cabang menurun sekitar 2%-3% karena pindah ke transaksi digital yang lebih cepat dan simple," ujar Lani kepada Kontan.co.id Selasa (17/7).
Transaksi digital ini disokong oleh mobile banking, internet banking dan e-commerce. Namun transaksi penyumbang pertumbuhan paling besar adalah mobile banking.
Lani mengaku perubahan ini lantaran CIMB Niaga dapat lebih efisien dari sisi biaya operasional. Lantaran biaya yang lebih rendah serta waktu transaksi lewat digital jauh lebih murah dibandingkan dengan transaksi di cabang.
"Kami melihat digitalisasi secara total. Bukan hanya dari fee income tapi efisiensi biaya dan juga yang terpenting adalah customer experience. Karena nasabah menginginkan transaksi yang cepat dan akurat," tutur Lani.
Lagi menyatakan hingga akhir tahun, manajemen mengharapkan transaksi digital tetap bisa tumbuh di atas 30%. Sebagai gambaran, pendapatan non bank atau komisi CIMB Niaga pada Mei 2018 mencapai Rp 1,14 triliun.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News