Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Handoyo .
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus berinovasi untuk meningkatkan kompetensi karyawan dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Salah satunya dengan menyediakan platform pembelajaran internal berbasis mobile application bernama Learning on the Go (LoG).
Kehadiran platform ini sejalan dengan aspirasi CIMB Niaga untuk menjadi perusahaan perbankan digital terdepan di Indonesia. “Kami memahami gaya hidup masyarakat modern saat ini ingin serba cepat dan praktis, termasuk karyawan kami yang juga banyak berasal dari generasi milenial. Karena itu, kami senantiasa memanfaatkan teknologi secara optimal untuk meningkatkan digital experience,” kata Direktur Human Resources CIMB Niaga, Hedy Lapian dalam keterangan resminya, Kamis (28/2).
Aplikasi yang diluncurkan sejak April 2018 lalu, kini memasuki tahap peningkatan teknologi dan konten melalui LoG 3.0 yang mudah diakses dari perangkat mobile maupun desktop application di mana saja dan kapan saja. Konten yang disajikan berupa materi training dan sertifikasi yang didesain menarik, serta dilengkapi video dan simulator.
Untuk menunjang pembelajaran, LoG 3.0 menggunakan teknologi aplikasi berbasis cloud yang dilengkapi dengan fitur-fitur user-friendly. Fitur tersebut di antaranya sistem pencarian untuk memudahkan pengguna menemukan modul yang diinginkan dan leaderboard yang menyajikan kompetisi menarik bersama rekan kerja.
Melalui terobosan baru LoG 3.0 ini, CIMB Niaga ingin mengubah paradigma pembelajaran yang selama ini terbatas di ruang kelas menjadi tanpa batas ruang dan waktu. Belajar cara baru ini kami rancang tak ubahnya seperti bermain game di ponsel, sehingga memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan bagi karyawan.
Nantinya, setiap karyawan mendapatkan pembelajaran sesuai kebutuhan, baik dari segi pengetahuan, skill, maupun perilaku. Mereka dapat mengikuti peta pembelajaran baik yang dirancang secara umum bagi seluruh karyawan, maupun khusus bagi karyawan sesuai bidang pekerjaan utamanya.
Hedy mencontohkan, materi yang wajib diikuti oleh semua karyawan yaitu terkait kompetensi dasar inti seperti pengetahuan tentang produk-produk perbankan yang ditawarkan CIMB Niaga dan sikap yang harus dimiliki setiap karyawan. Sikap tersebut mencakup customer oriented, integritas, disiplin, komunikatif, kolaboratif, dan sikap kehati-hatian.
“Kami berharap dengan kemudahan ini seluruh karyawan semakin termotivasi untuk mempelajari berbagai konten yang disediakan LoG sesuai peran masing-masing, target kompetensi, dan waktu yang ditentukan. Ini merupakan bagian dari upaya kami untuk terus meningkatkan kompetensi karyawan secara berkelanjutan,” kata Hedy.
Hedy menambahkan, penerapan aplikasi mobile learning ini membuat kegiatan training di CIMB Niaga menjadi lebih cepat, optimal, dan efisien. Terlebih CIMB Niaga merupakan perusahaan dengan jumlah karyawan mencapai 12.461 orang yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News