Reporter: Adhitya Himawan | Editor: Sanny Cicilia
JAKARTA. Bank CIMB Niaga menggandeng PT Kereta Api Indonesia (KAI) dalam kerjasama layanan transaksi online tiket kereta api melalui situs bank tersebut. Acara penandatanganan kerjasama ini berlangsung di Jakarta, Rabu (1/7).
Menurut Bambang Karsono Adi, Head of Cards and Merchant Business CIMB Niaga, kereta api adalah moda transportasi umum yang digemari masyarakat Indonesia. Fenomena ini disertai pertumbuhan e-commcerce yang sangat pesat. "Ini memberikan peluang bisnis bagi kami maupun PT KAI," kata Bambang.
Mengutip data kominfo.go.id, hingga akhir 2014 pengguna internet di Indonesia mencapai 83,7 juta dengan perkiraan sales volume sebesar Rp 150 triliun. Jumlah tersebut diprediksi terus bertambah hingga mencapai 123 juta pengguna dengan total sales volume sebesar Rp 278 triliun hingga akhir 2018.
Ini membuat Bank CIMB Niaga berinovasi memberikan layanan pembelian tiket kereta api secara online melalui situs kartu CIMB Niaga. Pembayaran dilakukan dengan kartu kredit maupun kartu debit Bank CIMB Niaga "Kerjasama ini melengkapi kerjasama sebelumnya melalui CIMB Clicks dan ATM CIMB Niaga," ujar Bambang.
Bagi PT KAI, kerjasama ini menambah kanal penjualan tiket melalui jalur e-commerce. "Kami berharap ini dapat meningkatkan penjualan tiket kereta api secara keseluruhan dan memperkuat keberadaan PT KAI sebagai salah satu badan usaha yang mendukung pertumbuhan e-commerce di Indonesia," kata Kurniadi Atmosasmito, Direktur Keuangan PT KAI dalam kesempatan yang sama.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News