kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.539.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.740   20,00   0,13%
  • IDX 7.492   12,43   0,17%
  • KOMPAS100 1.159   4,94   0,43%
  • LQ45 920   6,72   0,74%
  • ISSI 226   -0,39   -0,17%
  • IDX30 475   4,06   0,86%
  • IDXHIDIV20 573   5,12   0,90%
  • IDX80 133   0,95   0,72%
  • IDXV30 141   1,37   0,98%
  • IDXQ30 158   1,02   0,65%

CIMB Niaga perkuat pembiayaan untuk mobil


Minggu, 09 Desember 2012 / 08:43 WIB
CIMB Niaga perkuat pembiayaan untuk mobil
ILUSTRASI. Contoh kamar mandi minimalis bergaya Japandi dengan bathtub. Foto:?Instagram @japandi.interior


Reporter: Asnil Bambani Amri | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. PT Bank CIMB Niaga Tbk memperkuat pembiayaannya di sektor otomotif, khususnya kendaraan roda empat. Perbankan ini belakangan mulai memperbanyak penyaluran pembiayaan untuk  dealer financing.

Pembiayaan tersebut disalurkan melalui skema kerjasama dengan Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM). Sampai dengan 30 September 2012 lalu, pembiayaan untuk diler tersebut telah sebesar 35% dibandingkan periode yang sama tahun lalu (yoy).

Handoyo Soebali, Direktur Commercial Banking & Syariah CIMB Niaga mengungkapkan, CIMB Niaga menyalurkan pembiayaan dealer sejak 2009, dan sudah diintensifkan dalam dua tahun terakhir.

Saat ini, CIMB Niaga telah bekerjasama dengan beberapa ATPM asal Jepang dan Amerika Serikat. “Ke depan, kami berencana menambah kerjasama dengan empat ATPM lainnya asal Jepang, Amerika Serikat, dan Eropa,” kata Handoyo.

Menurut Handoyo, meski kian intensif dalam menyalurkan pembiayaan dealer, CIMB Niaga tetap akan menjaga kualitas kreditnya. Dengan menggandeng ATPM, maka penyaluran kredit menjadi lebih selektif. Hal ini bisa dilihat dari rasio non performing loan (NPL) yang nil atau seluruhnya lancar.

Handoyo menambahkan, pasar mobil di Indonesia menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun. Mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), lanjut Handoyo, penjualan mobil di Indonesia 2010 menembus  angka 764.710 unit, dan naik menjadi 894.164 unit di tahun 2011. Sementara pada Oktober 2012, penjualan mobil telah menembus angka 923.132 unit.

Kebutuhan masyarakat atas kendaraan roda empat yang masih tinggi, menurut Handoyo, menjadi salah satu faktor pendorong pertumbuhan penjualan mobil di Indonesia. Hal ini ditopang pula semakin gencarnya bank-bank dan perusahaan pembiayaan yang menawarkan beragam kredit kepemilikan mobil dengan promo-promo menarik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Survei KG Media

TERBARU
Kontan Academy
Advokasi Kebijakan Publik di Era Digital (Teori dan Praktek) Mengenal Pentingnya Sustainability Reporting

[X]
×