Reporter: Asnil Bambani Amri | Editor: Asnil Amri
JAKARTA. Untuk menggenjot kinerja pembiayaan, PT Bank CIMB Niaga Tbk menggandeng merek mobil premium asal Jerman, Porsche. Kemarin, Selasa (23/4), CIMB Niaga menandatangani perjanjian kerjasama dengan PT Eurokars Artha Utama selaku importir resmi Porsche di Indonesia.
Tony Tardjo, Head of Consumer Lending CIMB Niaga mengungkapkan, sebelumnya CIMB Niaga dan Porsche Indonesia telah beberapa kali mengadakan kerjasama, antara lain test drive dan display mobil untuk sejumlah kegiatan yang diselenggarakan CIMB Niaga.
“Adanya kerjasama dalam hal pembiayaan kepemilikan Porsche ini, akan mempererat hubungan yang telah terjalin dengan baik selama ini diantara kedua perusahaan,” kata Tony dalam siaran pers yang mampir di meja KONTAN, Rabu (24/4).
Menurut Tony, Porsche Indonesia menyasar masyarakat di segmen menengah atas, yang juga menjadi target nasabah dari CIMB Niaga. Kesamaan segmen ini membuat Tony optimistis, CIMB Niaga bisa meningkatkan portofolio pembiayaan otomotif, khususnya di segmen menengah atas.
Sebagai informasi, per 31 Desember 2012 CIMB Niaga telah mengucurkan pembiayaan otomotif sebesar Rp17,48 triliun, naik 12% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp15,59 triliun.
CIMB Niaga mengklaim menyediakan sejumlah produk unggulan pembiayaan otomotif ke masyarakat. Khusus segmen premium, CIMB Niaga menyediakan produk Kredit Kepemilikan Mobil (KPM) Smart Luxury.
Dengan pembayaran bunga di awal, sementara pokok (principle) dibayar bertahap setiap tahun sesuai jangka waktu pilihan konsumen, memberikan kemudahan bagi nasabah yang hendak mengatur keuangan mereka untuk keperluan yang lainnya.
Selain segmen premium, CIMB Niaga menyediakan skema pembiayaan lain. Antara lain KPM Smart Balloon Payment, yaitu produk KPM yang memberikan kemudahan pembayaran yang disesuaikan dengan keinginan nasabah, dimana sebagian pokok dibayarkan di akhir tenor pinjaman, sehingga angsuran yang dibayarkan nasabah tak terlalu besar.
Sementara itu, Christoph Choi, General Manager Porsche Indonesia mengatakan, sebagai salah satu brand mobil premium di Indonesia, Porsche Indonesia melihat kerjasama dengan CIMB Niaga sebagai satu kerjasama yang strategis.
“Porsche Indonesia memiliki penggemar di sejumlah tempat di Tanah Air. Dengan jaringan CIMB Niaga yang tersebar di sejumlah tempat, hal ini akan memudahkan masyarakat yang hendak membeli Porsche, khususnya melalui skema pembiayaan yang fleksibel dan menguntungkan,” kata Choi.
Choi berharap, kerjasama ini bisa menambah penjualan Porsche di Indonesia. Saat ini, Porsche memiliki 2 dealer resmi yaitu Porsche Center Jakarta dan Porsche Showroom Surabaya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News