kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45930,47   2,12   0.23%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Demi kerek pembiayaan, perusahaan multifinance pilih turunkan suku bunga


Senin, 27 September 2021 / 07:26 WIB
Demi kerek pembiayaan, perusahaan multifinance pilih turunkan suku bunga
ILUSTRASI. industri multifiiance


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Industri multifinance ikut pangkas suku bunga di tengah penurunan daya beli masyarakat masih karena pandemi Covid-19. Dengan penurunan suku bunga, perusahaan multifinance berharap kinerja pembiayaannya terangkat kembali.

BCA Finance menjadi salah satu perusahaan multifinance yang akan menurunkan suku bunganya dalam waktu dekat. Presiden Direktur BCA Finance Roni Haslim mengatakan, rencananya suku bunga BCA Finance akan diturunkan pada awal Oktober.

“Kami akan turunkan bunga untuk membuat pasar lebih bergairah,” ujar Roni Haslim kepada Kontan.co.id, beberapa waktu lalu.

Asal tahu saja, saat ini bunga pembiayaan di BCA Finance sebesar 3,55% untuk tenor 3 tahun. Dengan suku bunga tersebut, perusahaan masih bisa menyalurkan pembiayaan hingga Agustus sebesar Rp 15,4 triliun atau tumbuh 50,6% year-on-year.

Baca Juga: Di tengah pandemi, Adira Finance tetap lakukan diversifikasi pendanaan

Roni pun berharap dengan adanya rencana penurunan suku bunga tersebut, pembiayaan baru di BCA Finance bisa tumbuh hingga mencapai target tahun ini sebesar Rp 23 triliun. Hal tersebut juga didorong oleh adanya relaksasi diskon PPnBM yang diberikan pemerintah.

Sedikit berbeda, Clipan Finance mengaku telah lebih dulu menurunkan suku bunganya yang saat ini sebesar 2,5% untuk tenor 3 tahun. Penurunan bunga yang telah dilakukan pun sebesar 50 basis poin.

Dampak penurunan suku bunga tersebut pun juga tampak dari kinerja pembiayaan baru di perusahaan. Secara month-to-month, angka pertumbuhan pembiayaan baru di Clipan Finance rata-rata sebesar 26%.

“Penurunan suku bunga ini untuk stimulus pasar berbarengan dengan perpanjangan PPnBM,” ujar Direktur Utama Clipan Finance Harjanto Tjitohardjojo.

Baca Juga: Gandeng Suzuki, Mandiri Tunas Finance tebar promo pembiayaan mobil baru

Tak mau kalah, Direktur Mandiri Tunas Finance (MTF) William Francis pun juga bilang bahwa sudah menurunkan suku bunga pembiayaan meskipun tak menyebutkan berapa besaran penurunannya. Saat ini, MTF memiliki program bunga 2,99% untuk tenor 3 tahun.

Sekadar informasi, penyaluran kredit di MTF sampai dengan Agustus sudah mencapai Rp 12,5 triliun atau naik 14% yoy. Dengan suku bunga yang berlaku sekarang, William berharap bisa menambah volume pembiayaan dengan mencapai target Rp 20 triliun sampai akhir tahun nanti.

Selanjutnya: Terbitkan MTN Rp 500 miliar, BRI Finance kebanjiran peminat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×