kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Direksi Bank DKI Jadi Calon Tunggal Dirut Bank Sumut


Selasa, 07 Maret 2023 / 07:20 WIB
Direksi Bank DKI Jadi Calon Tunggal Dirut Bank Sumut
ILUSTRASI. Pelayanan nasabah?Bank Sumut.


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nama Direktur Ritel dan Syariah Bank DKI Babay Parid Wazdi menjadi calon tunggal Direktur Utama Bank Sumut. Nama sosok yang memiliki segudang prestasi dan pengalaman ini juga telah diusulkan ke Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekda Pemprov Sumatera Utara (Sumut) Arief Sudarto Trinugroho usai mengikuti Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) di Gedung Bank Sumut, Medan, Senin (6/3).

“Sudah ada nama untuk Dirut yaitu Babay Parid Wazdi,” kata Arief Sudarto Trinugroho.

Menurut Arief sapaanya, Bank Sumut juga sudah mengajukan nama untuk calon Direktur Bisnis Bank Sumut dan komisaris.

“Kalau untuk yang internal calon direktur bisnis karena sesuai dengan tahapan yang kita lakukan hanya dua yang direkomendasikan untuk memenuhi persyaratan yaitu dirut dan satu direktur bisnis,” ujarnya.

Baca Juga: Perluas Layanan Perbankan, Bank DKI Gaet RS Pelni untuk Kerja Sama

Arief menyebutkan pengusulan nama ini sudah diajukan ke OJK untuk melewati tahapan Fit and Proper. Setelah itu, para calon ini akan disahkan dalam RUPS.

"Karena komisaris dan dewan direksi ini masih melalui beberapa tahapan lagi dan melewati fit and proper dari OJK. Nanti kalau sudah dinyatakan fit oleh OJK ia akan disahkan di RUPS,” tutur Arief.

Walaupun calon Dirut saat ini diketahui berasal dari eksternal Bank Sumut, Arief menyebut Babay memiliki pengalaman yang cukup mumumpuni.

“Saya pikir tidak perlu mengkotak-kotakkan karena di eksternal. Mereka juga sudah bisa mengatur pengalaman seperti di Bank Mandiri, Bank Jabar dan sekarang juga pernah jadi Direktur Ritel di Bank DKI. Kan kita menjaring yang terbaik,” ungkap Arief.

Babay merupakan pria kelahiran Karawang, 22 Juli 1971 atau berusia 51 tahun per 22 Juli 2022. Meraih gelar Sarjana Pertanian dari Universitas Gadjah Mada pada tahun 1997 dan gelar Master di bidang Management Business dari International University of Japan pada tahun 2011.

Kata-kata Arief di atas memang tidak berlebihan. Babay Parid sudah malang melintang di dunia perbankan dengan seabrek pengalaman dan prestasi. Lihat saja deretan pengalaman yang ia sandang antara lain ialah Team Leader Capability Development Business Banking II Human Capital PT Bank Mandiri (Mei 2014-Januari 2015) dan Transactional Banking Sales Manager Kanwil IV Jakarta Thamrin PT Bank Mandiri (Januari 2015-Mei 2017).

Lalu juga  Kepala Divisi International & Transaction Banking Bank BJB (Mei 2017-Oktober 2018) dan Direktur Kredit UMK dan Usaha Syariah (Oktober 2018), Direktur Kredit UMK dan Usaha Syariah merangkap Direktur Keuangan PT Bank DKI (21 Februari 2020-21 April 2021),

Babay juga pernah menjabat sebagai Direktur Kredit UMK & Usaha Syariah Merangkap Direktur Teknologi & Operasional Serta Direktur Pengendalian Risiko Kredit & Kelembagaan PT Bank DKI. Saat ini Babay menjabat sebagai Direktur Ritel & Syariah PT Bank DKI.

Baca Juga: Bank DKI Tetap Berhasil Menjaga Kecukupan Modal

Selain itu, Babay juga memiliki pengalaman spesifik, seperti mempublikasikan tulisan terkait ekonomi dan perbankan sebanyak 46 tulisan di berbagai media, baik lokal maupun nasional.

Ia juga menyusun buku Distributor Financing (kredit untuk para distributor), dan Supplier Financing (kredit untuk para supplier) dicetak Mandiri University untuk kebutuhan training para RM (Resources Manager) secara nasional.

Untuk prestasi, Babay sendiri memiliki deretan penghargaan seperti kategori Talent Pool Bank Mandiri, CBC Terbaik I Bank Mandiri, Jakarta Commercial Sales Transactional Banking Forum Best, Presenter Team, Beasiswa dari Nakayama Foundation dan Kepala Divisi Terbaik Bank BJB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×