kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dongkrak pembiayaan baru, multifinance tebar bunga ringan


Minggu, 22 Agustus 2021 / 14:52 WIB
Dongkrak pembiayaan baru, multifinance tebar bunga ringan


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di saat kinerja industri pembiayaan masih terkontraksi, beberapa perusahaan multifinance gencar menawarkan beberapa pilihan bunga murah. Upaya tersebut dinilai ampuh untuk menarik nasabah baru untuk mengajukan kredit pembiayaan.

Misalnya saja, Clipan Finance yang baru saja mengeluarkan program bunga spesial tetap 2,5% untuk tenor 3 tahun bagi nasabah maupun non nasabah Bank Panin. Tak hanya itu,  ada pula bonus asuransi personal accident untuk 2 tahun yang meng-cover hingga Rp 50 juta jika nasabah meninggal atau cacat tetap akibat kecelakaan.

“Kami optimis akan mempengaruhi pertumbuhan pembiayaan ke depan, paling tidak sekitar 20%-an,” ujar Harjanto Tjitohardjojo selaku Direktur Utama ClipanFinance kepada KONTAN, akhir pekan kemarin.

Harjanto pun mengaku akan terus menggunakan cara seperti ini karena melihat tren ke depan penawaran yang meringankan masyarakat masih jadi daya tarik. Hal tersebut mengingat kinerja pembiayaan Clipan Finance sampai di periode Juli tahun ini dan tahun lalu stagnan di angka Rp 1,6 triliun. “Tapi kami optimis penutupan di tahun 2021 akan lebih baik dengan bunga murah dan bonus-bonus lainnya,” imbuh Harjanto.

Baca Juga: Genjot pembiayaan, Adira Finance kembali gelar Adira Virtual Expo

Tak mau kalah, Adira Finance pun juga rajin menebar promo-promo bunga murah dalam berbagai event virtual yang mereka selenggarakan. Misalnya saja saat ini mereka sedang mengadakan Adira Virtual Expo 2021 yang memberikan bunga ringan mulai 0,5%, diskon angsuran, bebas biaya provisi, diskon admin hingga 75%.

Direktur Portofolio Adira Finance Harry Latif mengatakan bahwa adanya pemberian berbagai promo bunga murah untuk kredit nasabah berpengaruh positif untuk menarik daya beli masyarakat khususnya pada pembiayaan baru kendaraan bermotor.

“Misalnya bulan Ramadan lalu, promo kami disambut positif oleh konsumen sehingga Adira Finance membukukan kenaikan pembiayaan baru sebesar 25,5% yoy hingga Juli 2021,” ujar Harry.

Adapun ke depannya, Harry bilang kalau pihaknya masih akan memberikan penawaran bunga yang kompetitif untuk mendongkrak kinerja pembiayaan. Hanya saja, Adira akan memperhatikan beberapa faktor untuk menentukan suku bunga tersebut.

“Penentuan suku bunga dipengaruhi kondisi kompetisi pasar, biaya pendanaan dari perbankan dan pasar modal yang diperoleh perusahaan, dan penyesuaian dengan program marketing perusahaan,” ujarnya.

Baca Juga: Pembiayaan mobil komersial terkerek proyek infrastruktur yang mulai berjalan

Ada juga Mandiri Tunas Finance (MTF) yang beranggapan bahwa bunga murah cukup berpengaruh terhadap naiknya pembiayaan baru. Direktur MTF William Francis bilang kalau nasabah yang mengambil mobil penumpang banyak yang memanfaatkan penawaran bunga tersebut.

Asal tahu saja, MTF saat ini sedang mengadakan Flash Sale hingga 27 Agustus 2021 yang memberikan bunga mulai dari 2,45% dan uang muka mulai 10%. Harapannya, penawaran tersebut bisa menambah pembiayaan baru.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×