CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Dua direksi AJB Bumiputera lolos fit and proper test


Rabu, 20 November 2019 / 17:26 WIB
Dua direksi AJB Bumiputera lolos fit and proper test
ILUSTRASI. Petugas melayani nasabah Asuransi Jiwa Bumiputra Jakarta, Jumat (11/1). OJK mengaku bahwa ada satu direksi yang sudah dinyatakan efektif dan satu lagi baru lolos uji kepatuhan dan kelayakan.

Reporter: Ferrika Sari | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Proses penyelamatan Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 terus bergulir. Pada rapat Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Senin (18/11), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan ada dua direksi dari tiga nama yang diajukan oleh internal Bumiputera 1912 lulus uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test untuk mengisi kursi direksi perusahaan asuransi ini.

Anggota Komisi XI DPR Andreas Eddy Susetyo menyatakan, saat rapat tersebut OJK mengaku bahwa ada satu direksi yang sudah dinyatakan efektif dan satu lagi baru lolos uji kepatuhan dan kelayakan. Sedangkan satu direksi yang diajukan internal Bumiputera dinyatakan gugur.

“Satu sudah efektif, satu baru lolosan jadi sudah ada dua direksi diajukan serta disetujui. Satu lagi yang gugur, dalam hal ini Badan Perwakilan Anggota (BPA) sebagai pemegang saham harus mengajukan lagi ke OJK,” kata Andreas, Senin (18/11).

Baca Juga: Soal rencana pembentukan lembaga penjamin asuransi, ini kata pengamat

Namun Andreas lupa siapa saja nama direksi yang lolos. Dalam pemilihan direksi tersebut, Adreas mengaku tidak tahu bagaimana prosesnya. Untuk saat ini, kata dia, melibatkan orang-orang profesional untuk masuk ke perusahaan asuransi bermasalah bukanlah sesuatu yang mudah.

“Harus ada beberapa (direksi) yang diajukan lagi. BPA juga harus mencari solusi kaya gini, karena tidak ada orang profesional yang mau masuk ke sini (AJB Bumiputera),” tambahnya.

Merujuk catatan Kontan.co.id, tiga nama yang diajukan oleh perusahaan asuransi mutual tersebut adalah SG Subagyo sebagai Direktur Pemasaran, Agus Sigit Kusnadi sebagai Direktur Keuangan dan Investasi, dan Joko Suwaryo sebagai Direktur Tekhnik dan Aktuaria.

Baca Juga: Joko Suwaryo Lolos Fit & Proper Test, Bumiputera Masih Kekurangan Direksi

Namun kabarnya regulator hanya menyatakan Joko Suwaryo yang lulus uji kepatutan dan kelayakan. Ketua BPA AJB Bumiputera 1912 Nurhasanah membenarkannya bahwa Joko Suwaryo telah lolos uji kepatuhan dan kelayakan dari OJK.

Tapi, dia belum mau merinci langkah berikutnya yang akan diambil oleh BPA AJB Bumiputera 1912 untuk mengisi kursi direksi.




TERBARU

Close [X]
×