kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Dukung transformasi digital perbankan OJK, Amar Bank adopsi gaya kerja hybrid


Rabu, 08 Desember 2021 / 13:54 WIB
Dukung transformasi digital perbankan OJK, Amar Bank adopsi gaya kerja hybrid
ILUSTRASI. Aktivitas karyawan?Amar Bank.


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Amar Indonesia Tbk mengklaim menjadi bank pertama di Indonesia yang menerapkan kebijakan Work From Anywhere (WFA) secara permanen.

Kebijakan sistem kerja yang disebut Hybrid Working Style ini sejalan dengan Cetak Biru Transformasi Digital Perbankan yang diterbitkan pada 26 Oktober oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Salah satu poin penting yang disebut dalam cetak biru adalah transformasi desain organisasi perbankan yang mencakup empat aspek: workplace, structure, authority, dan workforce enablement.

Dalam aspek workforce enablement atau Pemberdayaan Tenaga Kerja, tertulis bahwa transformasi bank digital membutuhkan perubahan tempat kerja menjadi tempat kerja digital.

Di dalam cetak biru tersebut juga dijelaskan bahwa bank perlu mengembangkan budaya digital sebagai fondasi yang kuat untuk mengubah pola pikir serta pemahaman pengurus dan pegawai bank agar berorientasi pada visi digital untuk mendukung transformasi digital perusahaan.

Baca Juga: Tambah modal, Bank Amar siap rights issue 20 miliar saham

Presiden Direktur Amar Bank Vishal Tulsian mengatakan, pandemi ini membuat dunia korporasi menemukan manfaat dari kerja jarak jauh. Kembali ke gaya kerja yang lama, sama saja dengan menggunakan faks setelah adanya penemuan email. Sistem kerja hybrid adalah jalan keluar yang terbaik bagi kedua dunia, baik online maupun offline.

“Kebijakan Ini akan meningkatkan kesejahteraan karyawan dengan segala keuntungannya yang sudah terbukti. Belajar dari lockdown, saya pikir akan menjadi sia-sia apabila dunia bisnis tidak membuat perubahan ini ke dalam budaya kerja mereka,” ujarnya dalam keterangan tertulis pada Rabu (12/9).

Lanjutnya, dengan cara kerja berorientasi digital dan fleksibel ini, karyawan dapat terus fokus memberikan layanan prima kepada pelanggan secara efisien, beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen, serta dapat menjawab setiap kebutuhan konsumen di saat pandemi ini.

Meskipun Amar Bank telah menerapkan kerja jarak jauh sebagai bagian dari budaya startup sejak awal tahun 2014, kebijakan Work From Anywhere atau bekerja dari mana saja ini resmi ditetapkan mulai bulan Oktober tahun ini.

Pangeran Ambia, Head of People Function Amar Bank menambahkan pandemi telah berhasil mempercepat transformasi digital. Ini menunjukkan dan mengajarkan kita tentang gaya bekerja di masa depan.

“Amar Bank sebagai bank digital telah belajar dan memahami pentingnya fleksibilitas kerja serta work-life balance bagi tenaga kerja kami. Mengadopsi gaya kerja hybrid adalah bagian dari komitmen kami untuk menjadi tempat kerja terbaik bagi semua talenta terbaik kami,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

[X]
×