kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

East Ventures Investasikan US$ 550 Juta ke Startup di Indonesia dan Asia Tenggara


Selasa, 03 Januari 2023 / 11:59 WIB
East Ventures Investasikan US$ 550 Juta ke Startup di Indonesia dan Asia Tenggara
ILUSTRASI. East Ventures Investasikan Dana US$ 550 Juta ke Startup di Indonesia dan Asia Tenggara


Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan venture capital (VC) East Ventures pada pertengahan 2022 berhasil menghimpun total US$ 550 juta dalam penutupan akhir dana multi-stage, dengan alokasi US$ 150 juta untuk untuk pendanaan tahap awal dan US$ 400 juta untuk pendanaan tahap lanjutan.

Dana tersebut diinvestasikan ke startup di Indonesia dan Asia Tenggara. Dalam total investasi dan sektor, East Ventures memberikan pendanaan yang lebih besar dari tahun lalu: total 105 deal dan US$ 211,59 juta disalurkan ke perusahaan portofolio Seed and Growth East Ventures.

Co-Founder and Managing Partner at East Ventures Willson Cuaca mengatakan, investasi tersebut disalurkan ke beberapa sektor, seperti E-commerce, Direct to Consumer (DTC) dan Retail, Fintech, software & layanan Internet, B2B, Supply chain dan logistik, serta Agritech.

Baca Juga: Industri Modal Ventura akan Selektif Beri Pendanaan ke Startup di Tahun 2023

Sederet Kinerja East Ventures 2022

Selain kinerja positif di investasi, East Ventures juga merilis East Ventures - Digital Competitiveness Index (EV-DCI) 2022, sebuah indeks dan laporan yang menyoroti kemampuan digital setiap kota dan provinsi di Indonesia. Laporan ini bertujuan untuk menjadi panduan bagi para pemangku kepentingan dalam mengembangkan daya saing digital Indonesia.

Pada April 2022, East Ventures meluncurkan laporan keberlanjutan perdananya, Sustainability Report 2022, yang memaparkan kerangka dan dampak Lingkungan, Sosial, Tata Kelola (LST / ESG) dari perusahaan dan ekosistem kami.

"Dengan meningkatnya permintaan untuk integrasi ESG, kami pun mulai mengerahkan sumber daya yang diperlukan untuk membantu perusahaan dan perusahaan portofolio kami dalam upaya ESG," kata Willson dalam keterangan resmi, Selasa (3/1).

Baca Juga: Bisnis Startup dan Digital Lesu, Modal Ventura Lakukan Efisiensi dan Lebih Selektif

Selain itu, Willson menambahkan, East Ventures juga menjadi perusahaan venture capital pertama di Indonesia yang menandatangani Prinsip-Prinsip Investasi Bertanggung Jawab yang didukung oleh PBB. Bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) dan WRI Indonesia.

"Kami berkomitmen untuk membantu Indonesia mencapai target emisi Net Zero pada tahun 2060," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×