kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45737,15   -5,22   -0.70%
  • EMAS1.016.000 0,20%
  • RD.SAHAM -0.06%
  • RD.CAMPURAN -0.43%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

East Ventures menyuntik pendanaan seed funding ke Asumsi.co


Rabu, 16 September 2020 / 07:55 WIB
East Ventures menyuntik pendanaan seed funding ke Asumsi.co
Manajemen Asumsi.co

Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Startup media digital Asumsi.co mengumumkan raih pendanaan tahap awal (seed funding) dari East Ventures dengan nilai yang tidak dipublikasikan. Investasi ini akan mengakselerasi proses pengembangan produk teknologi, sebagai bagian dari misi Asumsi untuk berkembang dari perusahaan kreator konten menjadi ekosistem media yang berkelanjutan.

Selain itu, Asumsi akan menggunakan investasi tersebut untuk mempekerjakan lebih banyak tech engineer dan membangun infrastruktur teknis. Infrastruktur ini diharapkan bisa memahami pemirsa Asumsi dan membantu menjaring penonton baru.

 “Asumsi percaya bahwa kunci dari bisnis media yang berkelanjutan adalah kombinasi dari konten berkualitas dan inovasi teknologi. Kami telah berusaha sebaik mungkin dalam menciptakan konten berkualitas tinggi yang memenuhi standar jurnalistik untuk menawarkan alternatif dari media arus utama. Namun, kami sadar bahwa ini hanya solusi sebagian,” ujar CEO Asumsi Pangeran Siahaan dalam siaran pers, Rabu (16/9).

Dia menambahkan, perusahaan media digital kini juga berhadapan dengan permasalahan ketergantungan yang tinggi kepada platform media sosial. Di sisi lain, kemunculan kreator konten individu memperketat persaingan di industri yang sudah kompetitif.

Baca Juga: 9 BUMN ini dapat pembiayaan investasi Rp 42,3 triliun dari pemerintah, siapa saja?

“Karena itu, kami harus berpikir di luar pendekatan yang biasa. Investasi ini memberikan Asumsi kemampuan untuk membangun infrastruktur teknologi, yang memberikan kami keunggulan sambil menjaga kualitas dan pendekatan unik yang membuat Asumsi berbeda. Asumsi ingin menciptakan platform berita yang didukung oleh sistem analisis dan monitoring canggih,” tambah Pangeran.

Co-founder dan Managing Partner East Ventures Willson Cuaca mengatakan Indonesia punya banyak cerita baik yang menanti untuk diceritakan. East Ventures bersemangat dalam mendukung Pangeran dan tim Asumsi, membangun platform untuk menyampaikan cerita-cerita tersebut.

Pangeran Siahaan merupakan jurnalis dan presenter, mendirikan Asumsi pada 2017. Perusahaan media digital tersebut berfokus menceritakan peristiwa terkini, isu sosial, dan budaya pop ke pemirsa usia muda. Gaya peliputan yang segar dan unik membedakan Asumsi dengan kompetitornya di Indonesia, salah satu pasar iklan digital dengan pertumbuhan paling pesat di dunia. Belanja media digital di Tanah Air diperkirakan tumbuh 26% menjadi US$2,6 miliar pada 2019.

Asumsi kini telah meraih 10 juta view per bulan lewat beragam platform media sosial termasuk 3,2 juta view per bulan melalui YouTube. Namun, perusahaan tersebut menyatakan bahwa produksi konten adalah batu loncatan untuk membangun solusi dari permasalahan besar yang kini dihadapi oleh industri media.

Baca Juga: Membaik, penyaluran pinjaman akseleran tumbuh 12,6% hingga awal September

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×