kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ekspansi, Esta Kapital Fintek sasar ibu rumah tangga dari Indonesia timur


Rabu, 09 Mei 2018 / 16:50 WIB
Ekspansi, Esta Kapital Fintek sasar ibu rumah tangga dari Indonesia timur
ILUSTRASI. Uang rupiah


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Esta Kapital Fintek kini tengah berekspansi dengan menyasar nasabah dari Indonesia bagian timur. Pasalnya, Esta Kapital menilai, di wilayah tersebut, hanya sedikit masyarakat yang dapat mengakses jasa keuangan.

Junjungan Rumapea, Direktur Utama Esta Kapital Fintek, mengatakan fokus perusahaan saat ini lebih menyasar kawasan Indonesia bagian timur seperti Gorontalo, Maluku, Sulawesi Utara dan lainnya.

Asal tahu saja, Esta Kapital merupakan perusahaan financial technology (fintech) yang menawarkan program peer to peer (P2P) lending bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMK), terutama bagi ibu rumah tangga yang membutuhkan modal kerja untuk usaha.

Junjungan menguraikan, pihaknya sengaja menyasar perempuan yang memerlukan dana tambahan demi memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Apalagi, ibu rumah tangga dikenal sebagai orang yang pandai mengatur keuangan keluarga.

“100% nasabah kami adalah perempuan, di mana mereka tidak akan menghamburkan uang dan lebih memilih mengelola keuangan keluarganya. Konsepnya, perempuan ini kami didik untuk bisa memperbaiki ekonomi keluarganya,” kata Junjungan di Jakarta, Rabu (9/5).

Junjungan juga bilang, jumlah pinjaman yang diberikan mulai dari Rp 3,3 juta sampai Rp 5,3 juta, dengan tenor pinjaman sampai 40 minggu. Tiap pinjaman akan dikenakan bunga sebesar 8% hingga 15% per tahun.

Dari nilai pinjaman tersebut, mereka mesti melunasi cicilan tiap minggu sekitar Rp 70.000 hingga Rp 80.000. Dengan jumlah cicilan tersebut, akan memudahkan para ibu rumah tangga ini melunasi kreditnya yang biasanya memperoleh pemasukan per hari, bukan perbulan seperti karyawan pada umumnya.

Platform peer to peer landing ini telah beroperasi sejak awal April 2018 dan sukses menyalurkan pinjaman hingga Rp 2 miliar. Saat ini sekitar 60% peminjam berasal dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi (Jabotabek), sedangkan sisanya dari Indonesia bagian Timur.

Diketahui, Esta Kapital Fintek mendapatkan pendanaan sekitar 90% dari induk usahanya yaitu Esta Corporation dan sisanya modal dari perorangan. Esta Corporation adalah perusahaan investasi dan pengembangan properti di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×